Wattimury: Gubernur & DPRD adalah Unsur Penyelenggara Pemerintahan

oleh -48 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Gubernur dan DPRD adalah unsur penyelenggara pemerintahan jadi setiap kebijakan Pemerintah Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) tetap melakukan secara bersama-sama. Karena yang menjadi tugas dewan adalah membicarakan berbagai persoalan pembangunan, kemasyarakatan dan pemerintah daerah melalui OPD-OPD termasuk kebijakan- kebijakan bersama gubernur.

Hal ini dikatakan Ketua DPRD Maluku, Drs. Lucky Wartimury di Gedung DPRD Provinsi Maluku, Senin (27/7/2020).

Menurut Wattimury ” kalau Gubernur mengharapkan hal- hal yang seperti itu sudah tentu tepat dilakukan karena sesuai dengan peraturan perundang- undangan,
dan DPRD harus menudukung seluruh kebijakan yang sudah direncanakan berdasarkan visi-misi dari gubernur untuk lima tahun kedepan.

Menurut Watimurry, dalam menjalankan tugas, DPRD mempunyai 3 fungsi yaitu : Fungsi Legislasi, Pengawasan dan Anggaran. Ketiga fungsi ini harus dijalankan secara bersamaan oleh DPRD.

Link Banner

Sebagai contoh, Watimurry mengatakan, jika gubernur sudah berjuang agar Maluku dijadikan Lumbung Ikan Nasional, juga soal PI 10% di Masela, gubernur juga sudah berjuang mendapatkan bantuan dari Menteri Pertanian untuk
pengembangan pertanuan dan tanaman pangan, maka DPRD harus mendukungnya.

Baca Juga  Sudah Pasti tak Masuk Play-off, Spurs Takluk dari Jazz

“Tugas bersama DPRD adalah kerja sama OPD terkait untuk menindak lanjuti semua kemungkinan yang didapatkan ini”, jelasnya.

Watimurry mengajak DPRD agar berjalan bersama pemerintah dalam mendorong pembangun di Maluku.

“Tidak mungkin Gubernur ke kiri DPRD ke kanan. Bahwa akan ada kritisi-kritisi yang dibuat DPRD itu sangat wajar karena fungsi pengawasannya”, ucapnya

Wartimury mangatakan, kalau ada pembicaran-pembicaraan dengan OPD yang dilakukan bisa saja menimbulkan ketidak puasan OPD tidak apa, tapi itulah fungsi DPRD tujun untuk kebaikan dan tidak ada yang lain.

Dan DPRD sangat suport
apa yang dilakukan Gubernur Maluku dan DPRD Selalu membuka ruang-ruang komunikati dengan gubernur .

DPRD juga minta” agar OPD-OPD terkait agar mengambil langka langkah yang cepat supaya apa yang diharapkan gubernur adalah kersama yang baik itu dilakukan kerjasama OPD bersama mitra komisi yang ada di dewan ini”, jelasnya.(liehu)