Wattimury: Pemerintah Harus jadikan Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional.

oleh -19 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Berlabelkan Provinsi Kepulauan yang kaya dengan potensi sumber daya perikanan tangkap yang besar, mengharuskan pemerintah menjadikan wilayah Maluku sebagai lumbung ikan nasional (LIN).

Alhasil, semua elemen pendukung pemerintahan yang ada di Bumi Raja-raja harus dioptomalkan fungsi dan perannya.

Berangkat dari tujuan mewujudkan Maluku sebagai LIN ini pula yang memotivasi kunjungan kerja Ketua DPRS Maluku, Drs. Lucky Wattimury,M.Si, ke salah satu mitra kerjanya yakni Komandan Pangkalan TNI AL (DanLanal) Ambon, Làksamana TNI  AL  Budi Purwanto.

Bukan hanya membangun silaturahmi yang baik, membina tali komunikasi dan koordinasi, namun keduanya pun intens membicarakan niat Pemprov Maluku mewujudkan LIN.

Link Banner

Hal ini dibenarkan Wattimury ketika berhasil dikonfirmasi wartawan, di ruang kerjanya, Senin (3/8).

Baca Juga  Tapal Batas NKRI Menyusut di Laut Natuna

Menurutnya, Purwanto sedianya akan dimutasikan ke tempat tugas baru di Jakarta pada Pusat Zona Geografi Angkatan Laut.

“Dalam percakapanya, beliau siap membantu Maluku untuk menyuarakan daerah Kepulauan dan Lumbung Ikan Nasional. Apalagi di tempat tugas baru ini, dia akan melakukan Pemetaan Lautan. Karena sementara ini berkaitan dengan Maluku, dimana kita menyuarakan  daerah  kepulauan,” jelasnya.

Selain itu, akunya, DPRD Maluku bersama DanLanal Maluku pun merencanakan kunjungan kerja bersama ke pemerintah ousat guna menyuarakan aspirasi dimaksud.

“Dewan  juga meminta waktu yang tepat  dari beliau untuk nanti besama-sama dewan ke Jakarta untuk membicarakan lumbung ikan nasional, atau provinsi kepulauan dan juga mengetahui perkembangan Laut Maluku itu seperti apa. Karena beliau ini yang nantinya akan datang untuk mendata pendataan jembatan itu posisinya dimana lebih bagus, karena dari sisi analisa laut dari angkatan laut dan sebagainya, kadang bikin program bangunan jabatan sampai jembatan selesai tidak ada kapal yang singah-singah,” jelasnya.

Baca Juga  Prancis Atasi Swedia Berkat Gol Tunggal Mbappe

Bukan itu saja, tegasnya, Purwanto pun berkesempatan berpamitan karena hendak menuju ke lokasi penempatannya yang baru.

“Percakapan Ketua dewan bersama beliau juga membahas bagaimana membagun Maluku dari laut dan orang Maluku harus siapkan. Dan sekaligus beliau pamit dari Ambon untuk tempat tugas yang baru,” tegasnya.

Kesempatan yang sama, Purwanto dalam keterangannya membenarkan penjelasan Wattimury tadi.

“Ketua Dewan Maluku sangat paham dengan kedatangan saya ke dewan. Bahwa seharusnya kita bisa mengembangkan potensi kelautan. Karena dari sisi potensi kegiatan maratimnya yang kami lihat, Maluku ini termasuk potensi jasa maritim, industri jasa maritim. Yang tadi tempat perikanan, pariwisata maupun  kegiatan maritim dalam arti transportasi laut,” pungkasnya. (liehu)