What Drives Us, Makna dan Budaya Mobil Van bagi Band Rock

oleh -32 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dengan mengejutkan musisi Dave Grohl akhirnya merilis film dokumenter What Drives Us yang ia sutradarai sendiri dan turut diproduksi oleh band Foo Fighters.

Selain itu, Roswell Films / Therapy Studios juga membantu produksi, beserta John Ramsay, James A Rota, Mark Monroe, dan diedit oleh Dean Gonzalez.

Jessica Young adalah director of photography dan Brandon Kim adalah sound designer and mixer.

Dokumenter ini menjadi jawaban atas momen ketika Dave Grohl duduk dengan Bill Simmons dan menyebutkan bahwa dia tengah menggarap film dokumenter tentang budaya mobil van dan grup band.

Hampir 16 bulan berselang, manifesto itu pun akhirnya tayang.

What Drives Us menjadi sebuah pemandangan segar untuk menambah pengetahuan tentang ikatan mobil van dengan banyak band.

Baca Juga  Koramil 1509-02/Obi Bentuk Posko PPKM Bersama Pemerintah Desa Baru

Bagaimana sebuah mobil van dengan bentuk kotaknya menjelma menjadi sebuah medium dan banyak band bertransformasi serta bertumbuh di dalamnya.

Dokumenter ini sendiri sudah mulai streaming di Coda Collection di AS dan Amazon Prime Video di luar negeri mulai 30 April 2021.

“Semua band terbesar di dunia, mereka harus memulai dari suatu tempat. Semua orang yang saya kenal memulai seperti ini: di dalam van,” kata Dave Grohl di awal film dokumenter What Drives Us.

Vokalis Aerosmith Steven Tyler berbagi cerita dari mobil van dalam dokumenter What Drive Us.
Vokalis Aerosmith Steven Tyler berbagi cerita dari mobil van dalam dokumenter What Drive Us.

Benar saja, band-band seperti U2, Metallica, Red Hot Chili Peppers, dan tentu saja, Foo Fighters ada di dalam dokumenter ini.

Puluhan rockers dan musisi legendaris juga tak luput di dalam dokumenter ini, mereka banyak membagi cerita langka di dalamnya.

Baca Juga  Menyambut HUT Polri. Polsek Sulabesi Barat Terus Salurkan Beras di Desa Binaanya Kepada Lansia

Nama-nama seperti Taylor Hawkins, Nate Mendel, Chris Shiflett, Rami Jaffee, Pat Smear, Ringo Starr, Flea, Brian Johnson, St. Vincent, Slash, Duff McKagan, Ben Harper, The Edge, Mike Watt, Ian Mackaye, Exene Cervenka, Tony Kanal, DH Peligro, Charlie Gabriel, Jennifer Finch, Dave Lombardo, Kira Roessler, Pete Stahl, Lars Ulrich, dan Steven Tyler hadir di dalam dokumenter What Drive Us.

Gagasan Dave dalam membuat dokumenter ini terbilang cemerlang.

Selain itu, dokumenter ini juga merupakan penghargaan untuk setiap anak muda yang memimpikan kehidupan bermain musik.

Dave adalah salah satu anak itu. Begitu pula Ringo Starr, The Edge, Annie Clark, Steven Tyler, Ian Mackaye, dan semua orang di antaranya.

Baca Juga  Dandim 1508/Tobelo Bersama Kapolres Halut Serahkan Rumah Yang Sudah Rampung Di Kerjakan Kepada Ibu Yuliana Dodopo

Dan bersama mobil van, mereka telah memiliki cerita – cerita yang memalukan, luar biasa, gila, dan pedih – mereka semua memiliki ikatan yang sama.

Pergi dari satu kota ke kota lain, bermimpi dan bekerja untuk mewujudkannya selama di dalam van menjadi hal yang amat menarik disaksikan, apalagi hal tersebut dilakukan oleh banyak legenda musik.

Dokumenter ini menjadi cerminan betapa menariknya cerita-cerita seperti Brian Johnson AC/DC yang terselamatkan hidupnya setelah mendengar Little Richard bernyanyi.

Dan bagaimana para personel The Beatles, yakni Paul McCartney, John Lennon, George Harrison, dan Ringo Starr berselisih karena salah satu dari mereka kentut ketika di dalam mobil van.

(red/kompas.com)