Wiranto Minta Maaf, Tokoh Maluku Ajak Saling Memaafkan dan Menyayangi

oleh -26 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Tokoh Maluku yang bertemu Menko Polhukam Wiranto, James Talakua meminta masyarakat tak lagi terprovokasi atas ucapan Wiranto yang menyebut korban gempa Maluku membebani pemerintah.

Menurut dia, Wiranto secara terbuka telah menyampaikan permohonan maafnya itu. Sehingga, ia pun mengingatkan filosofi Pela Gadong dari hidup masyarakat Maluku yang menjunjung tinggi toleransi.

“Dengan ucapan maaf ini tidak ada lagi yang terprovokasi dan mendengarkan ucapan-ucapan provokasi dari orang lain. Mari kita bersama menjaga kehidupan orang Maluku. Pela Gadong mari kita jaga agar tidak terluang kembali yang pernah terjadi di Maluku,” ujar James di Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

Hal yang sama juga disampaikan Muhammad Tasrif Tuasamu, Aktivis Pemuda Maluku mengajak masyarakat Maluku menerima permintaan maaf Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Wiranto atas pernyataannya beberapa hari yang lalu. Menurutnya, kultur orang Maluku saling memaafkan orang lain. Apalagi, memaafkan sangat mulia.

Link Banner
Muhammad Tasrif Tuasamu, Aktivis Pemuda Maluku
Muhammad Tasrif Tuasamu, Aktivis Pemuda Maluku

“Silaturahmi sangat penting, bahkan klarifikasi Bapak Wiranto soal pernyataannya dan permintaan maafnya, adalah langkah yang sangat tepat. Tandanya, beliau sangat prihatin atas kondisi di Maluku,” ujar Tasrif Tuasamu, Jumat (4/10/2019)

Baca Juga  Gereja Katolik Kota Ternate Gelar Jumpa Serikat Kepausan Anak dan Remaja

Orang Maluku itu dari dari dulu hingga sekarang, mudah terlalu sayang dengan orang lain, mungkin dengan permintaan maaf pak Wiranto masyarakat Maluku akan lebih sayang dengan beliau. Apalagi orang Maluku itu idealisme tinggi.

“Bahkan Wiranto bukan saja minta maaf. Namun, beliau juga akan lakukan upaya-upaya penanganan bencana di Maluku dan koordinasi dengan stakeholder terkait,” pungkasnya. (red)