Wisma Muzdalifah Siap Layani Jamaah Haji Maluku Tahun 2020

oleh -96 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Revitalisasi dan pengembangan Asrama Haji Maluku atau Wisma Muzdalifah di Waiheru, Kota Ambon, Provinsi Maluku telah rampung.

Kini, gedung setara hotel berbintang tiga itu dapat difungsikan untuk keperluan ibadah haji Taken 2020.

Hal ini dikatakan Plt. Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Jamaludin Bugis, S.Ag ketika meninjau Asrama Haji Waiheru Ambon, bersama sejumlah pejabat eselon III dan IV Kemenag Maluku, Kamis (6/2/2020).

Kunjungan ini menurut Bugis, dilakukan untuk memastikan kondisi Asrama Haji menjelang rencana peresmian Asrama Haji yang dijadwalkan pada akhir bulan Februari tahun 2020.

Dalam kunjungan tersebut, Plt. Kakanwil dan rombongan mengecek setiap sudut Asrama Haji dan berkeliling di area  seluas 2 hektare lebih itu. Setiap bagian tak luput dari inspeksi.

Baca Juga  Desa Capalulu Diterjang Banjir

“Kami ingin memastikan bahwa Asrama  ini benar-benar siap diresmikan,” ujarnya.

Bugis berharap agar segala persiapan menjelang peresmian Asrama Haji Waiheru dipersiapkan sedini mungkin, karena direncanakan akan diresmikan oleh Menteri Agama RI Fachrul Razi.

“Hari senin nanti, Kanwil dengan Pemprov Maluku bersama mitra terkait, juga akan lakukan rapat bersama terkait dengan persiapan pelaksanaan haji tahun 2020, jadi kita harus lakukan persiapan juga, salah satunya menyangkut dengan infrastruktur,” ujarnya.

Untuk diketahui, pembiayaan keseluruhan pekerjaan ini berasal dari pemerintah pusat melalui Kementerian Agama RI yang dialokasikan dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Tahun 2018 dengan menelan biaya sebesar Rp. 48 milyar.

Bugis bilang, selain revitalisasi gedung asrama, anggaran terpisah sebesar Rp. 6,5 miliyar juga digunakan untuk pengadaan genset berbentuk katalok, bangunan pos jaga serta fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga  Bupati Halmahera Barat Pantau Aktifitas Bongkar Muat di Pelabuhan Matui

“Gedung Wisma Muzdalifah yang dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 2 hektar memiliki 110 kamar, 2 aula, 1 ruang restoran dan ruangan santai yang semuanya dilengkapi dengan fasilitas AC. Sementara untuk pembangunan infrastruktur penunjang lainnya saat ini sedang diperjuangkan,” pungkasnya. (angel/resi/inmas)