Wujudkan kepemimpinan SANTUN, Perjanjian Malino jadi pedoman

oleh -112 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Perjanjian Malino, merupakan salah satu pedoman bagi pemerintah dan warga Maluku dalam menyelesaikan konflik kemanusiaan beberapa tahun silam.

Beberapa item penting di antaranya juga mengatur tentang kepemimpinan di Maluku.

Yaitu, Gubernur Maluku yang dipilih harus bergantian selang seling, yakni 2 periode dari komunitas Muslim maupiun 2 periode dari komunitas Nasrani.

Hal ini dibenarkan Kordinator Wilayah (Korwil) Indonesia Timur (Intim) DPP Partai Golkar, Edison Betaubun, saat menghadiri agenda rapat akbar Partai Golkar Kota Ambon, di Sport Hall, Karang Panjang-Ambon, Rabu (21/2).

Berdasarkan perjanjian dimaksud, akunya, maka gubernur Maluku kali ini untuk periode 2018-2023 harus dari komunitas Muslim.

Dengan kata lain, jelasnya, pasangan gubernur dan wakil gubernur (wagub) yang diusung Golkar yakni Said Assagaff-Anderias Rentanubun identik dengan akronim SANTUN, sudah memenuhi syarat dalam Perjanjian Malino tadi.

Baca Juga  BPBD SBB Tinjau Lokasi Banjir di Dusun Siaputi

”Tadi, saya sudah jelaskan bukti nyata. Pemilu kemarin setelah Pak Karel Ralahalu, dua periode. Herman Koedoeboen dari PDI Perjuangan, Pak Karel ketua tim pemenangan, tapi kan kalah, yang menang justru muslim Pak Assagaff. Karena, sudah dua periode gubernurnya Kristen. Itu harus dipahami, supaya memberikan penjelasan kepada masyarakat, itu yang benar. Bukan kong kalikong karena punya  kepentingan,” ujarnya.

Meskipun sudah ditopang dnegna danya kinerja para relawan, jelasnya, namun dirinya lebih memberikan porsi besar bagi mesin partai politik (parpol) selaku pendorong utama menuju kemenangan bagi paslon SANTUN.

”Tiga partai pengusung itu juga tim sukses calon yang diusung oleh partai. Jadi, kalau kemenangan calon Golkar disana itu karena kinerja tim partai. Ada tambahan-tambahan perjuangan dari tim relawan, ya syukur alhamdulilah. Apalagi untuk Maluku Tengah, tetap calon Golkar menang. Saya bukan relawan. Saya kader Partai Golkar. Maka saya harus mengoptimalkan kinerja dari partai,” tegasnya.

Baca Juga  Kunjungan Kerja Ke Polsek Airbuaya, Ini Pesan Kapolres Buru

Selain itu, terangnya, saat kepemimpinan SANTUN terealisasi nanti, maka satu hal penting yang ditawarkan bagi warga Maluku yakni jabatan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Maluku yang akan diisi oleh warga Gereja Protestan Maluku (GPM).

”Dan di hadapan Pak Assagaff saya sampaikan, sudah ada kepentingan dari Pak Assagaff. Di saat mereka terpilih, maka Sekda Maluku adalah dari warga GPM. Sebarkan kepada semua warga GPM dan Ketua GPM mendukung sepenuhnya Pak Assagaff dan Pak Andre Rentanubun,” pungkasnya. (keket)