YAMIN-ADA Akan Gratiskan Biaya Pendidikan dan Kesehatan di Kota Ternate

oleh -13 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary dan Abdullah Tahir ( YAMIN ADA) berkomitmen menggratiskan biaya pendidikan dan kesehatan untuk masyarakat Kota Ternate jika terpilih.

Komitmen itu selalu digelorakan pasangan nomor 4 yang diusung partai Demokrat, PPP dan Perindo ini dalam setiap kegiatan kampanye di Kota Ternate.

Calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary mengatakan, komitmen untuk menggratiskan biaya pendidikan dan kesehatan itu untuk menekan biaya pengeluaran warga yang semakin tinggi ditengah minimnya pendapatan.

“Kalau biaya pendidikan dan kesehatan suda gratis, maka uang masyarakat itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain. Misalnya, perbiki atap rumah yang bocor, atau kamar rumah belum kelar” kata Mantan Anggota DPRD Provinsi Maluku Utara itu.

Link Banner

Sementara itu, Calon Wakil Wali Kota Ternate Abdullah Dano Tahir menjelaskan, yang dimaksud dengan pendidikan gratis itu diterpakan secara total.

Baca Juga  Kapolda Maluku & Sekprov Hadiri Proses Pemulasaraan Jenazah Korban Covid-19

“Jadi saat masuk sekolah gratis, seragam gratis, buku baca gratis, ujian gratis, dan pengambilan ijazah juga gratis. Dan ini hanya berlaku untuk SD dan SMP sesuai kewenangan pemerintah kota” papar Ketua DPC Partai Demokrat Kota Ternate itu.

Abdullah menambahkan, pendidikan gratis untuk SD dan SMP selama sudah diberlakukan secara nasional sesuai undang-undang. Tapi faktanya di lapangan, masih saja ditemukan pungutan sebagaimana yang disebutkan di atas.

“Benar itu, pendidikan wajib 9 tahun itu semangat undang-undang. Tapi kan nyatanya orang tua masih mengeluarkan biaya untuk pendidikan,” pungkasnya. (red/al)