YAMIN ADA Akan Hidupkan Fungsi Entrepreneurship Pemerintah

oleh -37 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Calon Walikota Ternate Mohammad Yamin Tawary mengemukakan, ada empat fungsi pemerintah diantaranya fungsi administrasi birokrasi, pembangunan, pemberdayaan dan yang keempat adalah fungsi entrepreneurship.

Fungsi entrepreneurship itu adalah pemerintah ke depan harus punya visi dagang, mengapa harus punya visi dagang? Apakah pemerintah harus berdagang.

“Pemerintah tar boleh berdagang. Tapi dia pe visi harus visi dagang. Supaya apa? Supaya dia bisa membantu rakyatnya itu, dia bisa mengembangkan ekonominya. Saya ambil contoh begini, Tubo itu ada batik, kemudian SD dan SMP ada juga namanya seragam batik. Masuk diakal di mana, tong ada Batik Tubo tapi beli batik di Jawa” jelas Yamin saat berkampanye di Kelurahan Jati, Kamis 15 Oktober, malam.

Baca Juga  Resmi Dikukuhkan, Pengda JMSI Sumbar Dipimpin Yal Azis

Yamin melanjutkan, jika pasangan YAMIN ADA terpilih jadi wali kota dan wakil wali Kota Ternate maka batik Tubo itu harus dijadikan seragam batik untuk SD dan SMP di Kota Ternate.

“Kalau saya dan Pak Abdullah jadi, seragam batik itu beli di Tubo, supaya pengrajin batik serap tenaga kerja, dan orang Tubo dapat kerja di sana dan dong dapat penghasilan di sana. Akan banyak muncul tukang manjai seragam. Dengan begitu maka, satu kebijakan beli batik Tubo saja, ada tenaga kerja yang masuk di Tubo, ada tukang jahit muncul di Tubo, ada tukang jual seragam batik Tubo” papar Yamin.

Akan tetapi, kata Yamin, jika tetap membeli batik di Jawa, maka tidak ada penambahan tenaga kerja jahit batik, tenaga kerja tidak bertambah, dan penjual jual batik Tubo tak ada.

Baca Juga  Wakapolda Maluku Hadiri Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

” Kalau tetap beli batik di Jawa, maka uang tidak beredar di sini, tapi beredar di Jawa” tandasnya.

Selain itu, lanjut Yamin, di Ternate ini banyak hasil bumi yang bisa diolah menjadi komoditi yang dapat dijual di luar negeri.

“Ternyata ada minyak cengkeh. Minyak cengkeh itu terbuat dari daun dan tangkainya, dan itu laku di Amerika dan Eropa. Kita di sini dibakar, dong buang” tambah dia.

Jika wali kota punya visi entrepreneurship, dapat mengembangkan produksi minyak cengkeh di Ternate dan dapat dipasarkan di luar negeri dengan harga yang menjanjikan. (red/al)