YAMIN-ADA Ziarah Ke Makam Pahlawan Nasional Sultan Baabullah

oleh -33 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Calon Wali Kota Ternate Mohammad Yamin Tawary yang didampingi tim suksesnya melakukan ziarah ke Makam Sultan Baabullah, di Foramadiahi, Pulau Ternate, Kota Ternate, pada 10 November, bertepatan dengan Hari Pahlawan Nasional sekaligus penganugerahan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Baabullah di Jakarta.

“Hari ini saya didampingi tim berziarah ke makam pada tanggal 10 November Hari Pahlawan Nasional sebagai perwujudan dari rasa syukur saya bersama seluruh Tim YAMIN ADA” katanya.

Yamin lantas menuturkan ucapan terimakasih yang setinggi-tingginya terhadap perjuangan para keturunan sultan, Keluarga KARAMAT, wali kota Burhan Abdurrahman berserta jajarannya, pemerintah provinsi Maluku Utara Ustadz Abdul Gani Kasuba beserta jajarannya, bahkan juga sampai kepada Presiden Republik Indonesia Pak Jokowi, yang telah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Sultan Baabullah.

Baca Juga  Walikota Ambon Gelar Rakor Online

“Penghargaan ini sangat berarti bagi generasi dan masyarakat Kota Ternate khususnya, Maluku Utara pada umumnya, karena jejak-jejak perjuangan beliau telah mengangkat derat dan martabat Kesultanan Ternate pada saat itu, di mana bisa mengusir penjajah Portugis dari Bumi Moloku Kie Raha ini” jelasnya.

Link Banner

Menurut Yamin, Sultan Baabullah di zamannya adalah seorang diplomat ulung bahkan sempat bersama 15 kora-kora, pergi mengibas sampai ke Kesultanan Malaka, cukup jauh Ternate dengan Malaka.

“Beliaulah yang memperluas wilayah Kesultanan Ternate pada saat itu. Ke utara sampai di Filipina, di Bangsa Moro saat ini. Ke Barat sampai di Saba, ke Selatan sampai ke Timur-Timur, adalah jejak perjuangan Sultan Baabullah, yang memang sangat dikagumi Oleh para sejarawan. Dan karena itu sejatinya jejak sejarah ini harus menjadi. Kebanggaan masyarakat Kota Ternate pada khususnya dan Maluku Utara pada umumnya” papar Calon Wali Kota nomor 4 ini.

Baca Juga  Terlibat pemerkosaan, sopir angkot diamankan di Pos Mutiara

Bahwa di masa lalu Ternate pernah jaya, pernah besar dan karena itu harus bangkitkan lagi semangat Baabullah-baabullah muda, Baabullah-baabullah yang memang tangguh untuk memperjuangkan nasib serta kehidupan masyarakat pada hari ini.

“Kita harus sesuaikan dengan tantangan zaman saat ini. Kepada generasi Baabullah, tantangan zaman saat itu adalah mengusir kaum penjajah atas monopoli dan pemaksaan, terhadap perdagangan untuk menguasai negeri ini” ketusnya.

Saat ini, kata Yamin, jalan perjuangan atau tantangannya adalah bagaimana bisa meningkatkan kesejahteraan, kehidupan masyarakat, harus bebas dari keterbelakangan, apakah itu ketertinggalan di bidang pendidikan, rendahnya kualitas sumber daya manusia, kelemahan atau rendahnya daya beli masyarakat pada setiap keluarga, tingginya pengganguran di Kota Ternate.

Baca Juga  Cek 6 Fakta Menarik Usai Kemenangan Lyon Atas City

“Tantangan-tantangan itu harus kita hadapi dan kita atasi. Dengan cara itu pula kita bisa mengikuti semangat Baabullah untuk kemudian bisa mengatasi semua masalah-masalah yang kita hadapi saat ini” tambah dia.

Karena itu kualitas pendidikan untuk memperkuat SDM, memperbesar peluang usaha untuk menyerap tenaga kerja, memperkuat daya beli keluarga, kemampuan bersaing, menumbuhkan daya saing bagi perkembangan pendidikan, perkembangan usaha, maupun perkembangan sosial, itu harus ditanamkan.

“Kita bangkitkan supaya kemudian kita menjadi Baabullah-Baabullah di zaman ini sesuaikan dengan tantangan yang ada. Dan kita harus memenangkan pertarungan ini sebagai mana pernah diraih Baabullah di masa yang lampau” tutupnya. (red)