Yamin Tawary Paparkan Konsep Ekonomi Kerakyatan Pada Diskusi Satu Dasawarsa Komunitas Jarod

oleh -47 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Calon wali kota Ternate M. Yamin Tawary mengatakan, ada dua hal yang perlu dijaga dalam mengelola pemerintahan, yakni pemerintahan yang bersih dan kesejahteraan rakyat.

Hal ini dikatakan politisi gaek itu ketika memaparkan pandangannya tentang upaya menghidupkan ekonomi kerakyatan dalam rangka mendorong kesejahteraan warga Kota Ternate pada diskusi publik memperingati Satu Dasawarsa Komunitas Jarod, Jumat (18/9/2020) malam ini di Ternate.

Yamin bilang, pembangunan dan pemerintah harus mampu melindungi bangsa dan masyarakatnya. “Untuk Kota Ternate kita harus menegakkan adat se atorang,” ungkapnya.

Menurut politisi senior Partai Perindo ini, pemerintah Kota Ternate harus mampu membuka lapangan kerja sebesar-besarnya, Sehingga mampu menyerap ternaga kerja dan mengurangi angka pengangguran di Kota Ternate.

Link Banner

“Karena tidak ada lapangan kerja, orang akhirnya memilih untuk menjadi tukang ojek, padahal dia bergelar sarjana,” tukasnya.

Baca Juga  Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kota Ambon. Rabu, 20 Mei 2020

Yamin menjelaskan, saat ini lapangan kerja di Kota Ternate sangat minim sehingga orang-orang lokal kebanyakan justru memilih jadi tukang ojek.

Di sisi lain menurutnya, keberadaan Alfamidi yang menjamur di Ternate secara tidak langsung telah membunuh UMKM dan pedagang kecil di Kota Ternate.

“Dikarenakan dengan adanya Alfamidi uang tidak lagi berputar di Kota Ternate. Uang yang seharusnya berputar di kota ini sehingga mampu menggerakkan ekonomi masyarakat justru dibawa ke Jakarta,” katanya.

Menurut Yamin, sudah seharusnya pemerintah memberdayakan UMKM, mempermudah akses mereka ke perbankan dan membuka pasar bagi produk mereka sehingga UMKM bisa terus bertumbuh.

Dia mencontohkan, UMKM yang punya potensi namun kurang mendapat atensi pemerintah adalah produksi kerajinan bambu di Kelurahan Tongole. Yamin bilang, kerajinan bambu Tongole ‘mati segan hidup tak mau’.

Baca Juga  Senyuman Kak Rizqy Yang Membuatku Senyum Senyum Sendiri

“Andai semua rumah-rumah di Ternate memiliki produk bambu Tongole, maka UMKM di Ternate akan berjaya,” pungkasnya. (red/al)