Yayasan Pelangi Maluku Gelar Kegiatan Meeting of Service Networking Development

oleh -64 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Yayasan Pelangi (YMP) menyelenggarakan kegiatan Meeting of Service Networking Development, untuk mendukung program penanggulangan HIV/AIDS.

Kegiatan ini diikuti oleh beberapa media yang diundang langsung oleh Yayasan Pelangi Maluku guna mengikuti materi terkait HIV/AIDS.

Direktur Yayasan Pelangi Maluku, Rosa Pentury, kepada para jurnalis di kantor Yayasan Pelangi Maluku, Senin (14/6/2021) mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan guna membekali para jurnalis membuat berita tentang HIV yang valid kepada masyarakat, agar tidak menjadi informasi yang keliru. Serta dapat mendukung pemerintah dalam program penanggulangan HIV/AIDS.

“Saya telah bergelut dengan program ini kira-kira sudah 29 tahun, saya bergerak 29 tahun itu bergerak dengan isu HIV AIDS, baru ditahun 2010 itu ada lirikan dari donor,” katanya.

Rosa bilang, sejak Tahun 2010, Yayasan Pelangi Maluku telah bekerjasama dengan berbagai lembaga donor dalam penanggulangan HIV/AIDS serta donor darah, dan seiring berjalannya waktu, Yayasan Pelangi Maluku kini telah memiliki lebih kurang 40-50 orang pendonor tetap.

Baca Juga  Akhirnya Saudi Buka Ibadah Haji, Tapi Ada Syaratnya...

“Yayasan Pelangi Maluku ini angka untuk salah satu LSM bukan kecil, kalau dengan jumlah ±40/43 orang kalau tidak salah cukup besar. Sebelum menjawab HIV AIDS ini menyangkut perilaku, di Maluku memang ada data terupdate itu ± 6000an tapi Yayasan Pelangi Maluku ini sudah dukung 2000 lebih,” ungkap Pentury.

Kota Ambon perskala ini sudah dukung 1000 lebih. Data Kota Ambon kalau tidak salah 1. 300an jadi hampir semua itu kita sudah dukung. Kalau data akumulasi itu 2000 lebih yang sisa meninggal.

Yayasan Pelangi Maluku ini telah 2 Tahun mendirikan sebuah Klinik, yaitu Klinik Komunitas Candela. Disebut Klinik komunitas karena lebih banyak diakses oleh komunitas seperti Lelaki Sex dengan Lelaki (LSL), Waria, Pekerja Seks Perempuan, ataupun pelanggan dari komunitas tersebut.

Baca Juga  Jadwal Imsak dan Buka Puasa di Kota Ambon, Senin 3 Mei 2021

Cara mengaksesnya ada 2 hal utama yaitu :

  1. Melakukan Mobil Testing ke lokasi ataupun hospot dimana tempat mereka melakukan aktivitas rutin seperti karaoke, Kos-kosan, ataupun tempat dimana mereka nongkrong.
  2. Kunjungan Layanan dimana komunitas mengunjungi klinik komunitas Candela dan dilayani dengan ramah kepada komunitas, sehingga kecenderungan untuk kunjungan layanan pun menjadi sebuah pilihan yang tepat.

“Ini bertujuan Sama dengan Motto Klinik Candela Mebabur Kasih, yang berarti merawat, mendukung dan mengobati mereka dengan penuh Kasih,” pungkas Rosa pentury. (nicolas)