Yonif 136/TS Pos Lokki Beri Pelayanan Kesehatan pada Pengungsi

oleh -47 views
Link Banner

@Porostimur.com | Huamual : Bukan hanya menjaga keamanan dan ketertiban dalam masyarakat saja, namun TNI AD pun turut terlibat dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Salah satunya, Satuan tugas (Satgas) BKO Yonif 136 Raider Khusus/Tuan Sakti SSK II Pos Lokki, memberikan pelayanan kesehatan bagi para pengungsi di Dusun Uhe, Desa Iha, Kecamatan Huamual, Kabupaten Seram Bagian Barat sejak Kamis (3/10) kemarin.

Bahkan hingga saat ini, dalam pantauan porostimur.com, terdapat 2 orang anggota TNI berjalan menuju 3 titik daerah pegunungan Dusun Uhe guna memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang mengungsi akibat bencana gempa sejak beberapa hari terakhir.

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, Selasa (8/10), hal ini pun dibenarkan Komandan Pos (Danpos) SSK II Pos Lokki, Letda (Inf) Dwiki Yudanto.

”Memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat merupakan tugas kami juga, selain menjaga keamanan dan ketertiban. Terdapat dua orang anggota atau tim medis yakni Praka Akbar dan Pratu Hendra yang hari ini terjun langsung ke lokasi pengungsian di Dusun Uhe, yang berada di pegunungan dan jaraknya dari kampung kurang lebih mencapai 2 Km dan terdapat tiga titik pengungsian. Sebelumnya kami juga telah memberikan pelayanan kesehatan di beberapa dusun dan desa seperti Desa Lokki, Dusun Katapang, Dusun Jakarta Baru, dan dusun tetangga lainya,” ujarnya.

Baca Juga  1 Tewas Puluhan Bangunan Rusak Akibat Gempa Susulan M 5.2 Guncang Ambon

Adapun pelayanan kesehatan yang diberikan pihaknya ini, akunya, mampu mengobati beberapa penyakit yang diderita pengungsi seperti diare, batuk hingga kekuarangan darah.

”Kami dari Satgas BKO hanya dapat membantu dalam memberikan pelayanan kesehatan mengingat para warga yang mengungsi akibat takut gempa, telah banyak yang menderita penyakit, seperti diare bagi anak-anak yang berumur 1 sampai 5 tahun, batuk bagi anak-anak dan orang dewasa dan kurang darah, serta berbagai penyakit lainya, sebab dilihat kondisi tempat pengungsian sangat tidak layak sama sekali Harapan Saya semoga dengan kegiatan yang dilakukan kami pada hari ini dapat membantu masyarakat. Dan mereka dapat kembali sehat bagi yang sakit,” tegasnya.

Langkah aparat keamanan ini pun mendapatkan apresiasi positif pihak pemerintahan Dusun Uhe.

Baca Juga  Film Perempuan Tanah Jahanam Melenggang ke Ajang Piala Oscar 2021

Kepala Dusun (Kadus) Uhe, Said Kaisupy, menyampaikan rasa terima kasih yang sangat dalam kepada Satgas BKO Pos Lokki.

”Saya dan masyarakat Dusun Uhe sangat berterima kasih sebanyak-banyaknya kepada bapak-bapak TNI yang dermawan yakni Pos BKO 136/TH Pos Lokki, yang hari ini dengan senang hati memabatu warga saya yang sedang mengungsi dalam pelayanan kesehatan. Sejauh ini belum ada perhatian sama sekali baik dari pemerintah lingkup kecamatan maupun kabupaten. Semoga dengan kehadiran bapak bapak TNI warga saya dapat terbantu dalam mengurangi beban mereka dalam penyakit yang diderita semasa di pengungsian,” pungkasnya. (doddy)