Yonif 515/UTY manunggal bantu persiapan pelantikan Raja Siri Sori Islam

oleh -122 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon :Menjelang pelantikan Raja di Negeri Siri Sori Islam, kecamatan Saparua, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang jatuh pada tanggal 27 Januari 2018 nanti, Satuan Penugasan (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 515/UTY Pos Siri Sori Islam membantu masyarakat mendirikan Sabuah.

Sabuah yang bisa diartikan sebagai tenda ini terbuat dari batang pohom sagu dan bambu.

Rilis berita yang diterima wartawan dari Penerangan Korem (Penrem) 151/Binaiya, Rabu (17/1), menyebutkan selain melaksanakan tugas pengamanan daerah rawan (Pamrahwan), Satgas Pamrahwan Raider 515/UTTY juga giat dalam melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial untuk membantu masyarakat sekitar posnya.

Bukan itu saja, kegiatan dimaksud ternyata melibatkan masyarakat 3 negeri yakni Negeri Siri Sori Amalatu, Siri Sori Islam dan Ulath.

Terlibatnya masyarakat dari 2 negeri yang mengapit Siiri Sori Islam ini, menunjukkan sikap kerukunan dn gotong royong yang masih terus dipelihara sebagai warisan budaya nenek moyang.

Baca Juga  Brimob Maluku Semprot Fasilitas Publik di Kawasan Poka

Kegiatan gotong royong tersebut merupakan suatu tradisi kerjasama antara Negeri-negeri di Jazirah Tenggara Saparua dalam pelaksanaan acara adat.

Adapun keterlibatan dalam pembuatan sabuah ini yakni 6 orang anggota Satgas Raider 515/UTY di bawah pimpinan Danpos Sirisori Islam, Letda Henry A. B, Babinsa Sirisori Islam Serda A. Basyir Patty, Bhabinkamtibmas Sirisori Islam Brigpol Willy Dozan, Pjs Negeri Sirisori Islam Affandi Wattiheluw,S.STP beserta Staf dan masyarakat 150 orang.

Sementara dari Negeri Ulath di bawah pimpinan Raja Negeri Ulath, Abraham Nikijuluw, beserta staf dan masyarakat 100 orang, serta Sekdes Negeri Sirisori Amalatu, Marlen Uktolseya, beserta staf dan masyarakat 100 orang.

Kebersamaan TNI dan masyarakat ini diaminkan Danpos Siri Sori Islam Satgas Raider 515/UTY, Letda Henry A. B.

Baca Juga  Polres Ambon musnahkan 7,3 ton miras hasil operasi cipkon

”Kegiatan seperti ini harus kita jaga dan laksanakan demi menjaga Kemanunggalan TNI-Rakyat karena TNI juga berasal dari rakyat,” pungkasnya. (Jessica Soplera)