Yusuf Wally Minta DKP Kota Ambon Fungsikan Nelayan untuk Kestabilan Harga Ikan di Pasar

oleh -3 views

Porostimur.com, Ambon – Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon Yusuf Wally meminta agar Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Ambon segera memfungsikan cool storage atau penyimpanan dingin milik Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Eri, yang masih kosong.

Yusuf Wally menjelaskan, hal itu penting dalam mengantisipasi melonjaknya harga ikan di pasar. Karena yang kerap terjadi saat musim gelombang adalah harga ikan melonjak naik dua hingga tiga kali lipat dari harga normal.

Sehingga upaya tersebut penting dilakukan mengantisipasi lonjakan harga yang tinggi di pasar. Kalau itu diaktifkan, maka DKP bisa membeli ikan dari nelayan dengan harga murah saat situasi normal untuk disimpan ke cool storage.

“Jadi nanti saat harga ikan naik, DKP bisa menjual ikan itu dengan harga murah ke masyarakat, supaya harga ikan tetap stabil,” kata Yusuf Wally, Sabtu (29/1/2022).

Wally bilang, beberapa hari terakhir ini harga ikan di pasar cukup mahal, baik itu di pasar Mardika maupun pasar tradisional lainnya. Ini sangat disayangkan, sebab Ambon sendiri dikenal dengan daerah yang kaya dengan hasil laut berupa ikan.

Dirinya menambahkan, untuk itu, DKP Kota Ambon harus cermat melihat situasi tersebut secara bijak agar harga ikan di pasar tetap stabil dan masyarakat pun tidak mengeluhkan harga ikan yang melonjak di pasar.

Upaya lain yang harus dilakukan oleh DKP Kota Ambon ialah mendorong semua perusahaan ikan di Kota Ambon untuk melakukan operasi pasar.

“Ini penting agar ikan tidak hanya digunakan untuk ekspor tapi juga dapat stabilkan harga ikan lokal,” tandasnya. (Nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.