Zelensky Berduka, Komandan Terkenal Ukraina Berjuluk Da Vinci Gugur

oleh -79 views
Presiden Volodymyr Zelensky memimpin penghormatan kepada seorang komandan Ukraina terkenal yang dikenal sebagai Da Vinci. Foto/The Telegraph

Porostimur.com, Kiev – Presiden Volodymyr Zelensky memimpin penghormatan kepada seorang komandan Ukraina terkenal yang dikenal sebagai ‘Da Vinci’.

Pria tersebut berhasil memenangkan kasih sayang publik Ukraina karena mengabdikan seluruh masa dewasanya untuk melawan Rusia dan proksi-proksinya.

Dmytro Kotsiubailo (27) tewas minggu ini di kota timur Bakhmut, yang telah mengalami pertempuran paling mematikan dalam perang dan tetap diperebutkan dengan sengit.

Dia memimpin unit yang disebut Serigala Da Vinci dan dijadikan Pahlawan Ukraina tahun lalu menjelang invasi karena perannya dalam memerangi separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Zelensky, yang menganugerahkan kehormatan itu, didampingi oleh Perdana Menteri Finlandia yang tengah berkunjung Sanna Marin meletakkan bunga di peti mati Kotsiubailo di Katedral St Michael di Kiev tengah.

Baca Juga  Pj. Gubernur Maluku Utara Apresiasi Layanan Haji di Mekah

“Sungguh menyakitkan kehilangan pahlawan kita. Berani, berani, kuat. Setia pada diri sendiri dan negara,” katanya di Telegram.

“Saya menyerahkan kepada Oksana Kotsiubailo, ibu Da Vinci, Salib Jasa Militer, yang diberikan kepada putranya secara anumerta. Kita tidak akan pernah lupa. Dan kami akan selalu berterima kasih,” sambungnya seperti dikutip dari sindonews.com, Minggu (12/3/2023).