Akhir Tahun 2022, Pemdes Capalulu Bakal Gelar Festival Wisata Tingkat Lokal

oleh -90 views
Link Banner

Porostimur.com, Sanana – Pemerintah desa (Pemdes) Capalulu, Kecamatan Mangoli Tengah, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) bakal menggelar festival wisata tingkat lokal di akhir tahun 2022 mendatang.

Semangat dan keinginan Pemdes Capalulu untuk melakukan festival tersebut, dikarenakan sebelumnya tertanggal 30 Juli 2021, Pemerintah Republik Indonesia (RI) melalui Menteri Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno telah memberikan piagam penghargaan kepada Desa Capalulu sebagai Desa Wisata Binaan Kemenparekraf RI, Anugerah Wisata Indonesia 2021, dan Desa Wisata Simbol Kebangkitan Nasional.

Sekertaris Desa (Sekdes) Capalulu, Ilham Engelen kepada porostimur.com Selasa, (25/1/2021 menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah Republik Indonesia melalui Menparekraf atas penghargaan Desa Capalulu ditetapkan sebagai Desa Binaan Parawisata.

Baca Juga  Jennifer Lopez Jomblo, Ben Affleck Siap Gebet

“Saya selaku sekretaris Desa Capalulu mewakili kepala desa, menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Republik Indonesia melalui Menteri Parawisata atas pemberian penghargaan Desa Capalulu yang ditetapkan sebagai Desa Binaan Parawisata,” ungkapnya.

Kata Ilham, Pemdes Capalulu akan bersenergi dengan Dinas Parawisata Kabupaten Kepulauan Sula untuk mengembangkan destinasi wisata Capalulu.

“Kita akan bersenergi dengan pemerintah terkait, dalam hal ini Dinas Parawisata Kabupaten Kepulauan Sula untuk bagaiman menata ruang-ruang destinasi wisata Capalulu untuk dikembangkan menjadi Desa Wisata kedepannya,” jelasnya.

Dengan begitu, maka Pemdes Capalulu di akhir tahun bakal menggelar festival wisata tingkat lokal di Desa Capalulu.

“Dan mungkin pada akhir tahun ini, kita akan melakukan kegiatan awal berupa festival wisata Desa Capalulu tingkat lokal yang juga dapat mengangkat nilai kearifan lokal di Desa Capalulu,” tutupnya.

Baca Juga  Gak Perlu Malu Lagi, Perut Buncit Bisa Hilang dengan Cara Ini!

Senada, juga disampaikan oleh tokoh pemuda Desa Capalulu, M.Bahrun Sangadji. Menurutnya, penghargaan Desa Capalulu sebagai Desa Binaan Wisata dari Kemenparekraf tahun 2021 merupakan gerbang perubahan dan kemajuan desa Capalulu Kecamatan Mangoli Tengah pada khususnya, dan teristimewa Daerah Kepulauan Sula.

Sebab ia menilai, dengan adanya penghargaan itu, masyarakat akan fokus menggali dan mengelola beberapa faktor utama sebagai Potensi Wisata pada Kawasan Wisata Desa Capalulu.

“Pertama, potensi laut baharinya. Kedua, potensi alam. Yang ketiga, potensi sejarah dan budaya. Yang ke empat, potensi ekonomi kreatif atau pengembang home indastri masyarakat. Dan kelima, kuliner,” sebutnya.

Mantan PJ Ketum Badko HMI Maluku-Maluku Utara Tahun 2006-3008 itu bilang, insya dengan konsep pengembangan dan pengelolah parawisata yang komprehensif, maka pasti akan mampu melahirkan minat dan kebutuhan masyarakat lokal yang sangat tinggi terhadap wisata itu sendiri.

Baca Juga  PT. Wanatiara Persada Kembali Bagikan Sembako pada Warga

“Target utama dari pengembangan parawisata itu sendiri adalah menciptakan instrumen dan dinamika ekonomi yang multiplayer efek. Untuk itu, saya akan membantu, memberikan dukangan dan akan mengkonsultasikan semua stek holder di Sula maupun di Maluku Utara untuk mememberikan dukungan pada momen festival ini,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan Kepsul Rizal Drakel belum berhasil dikonfirmasi hingga berita ini dipublikasikan. (Am)

No More Posts Available.

No more pages to load.