AS Bantah Lakukan Operasi di Perairan Teritorial Rusia

oleh -44 views
Link Banner

Porostimur.com, Washington – Amerika Serikat (AS) membantah telah melakukan operasi militer di perairan teritorial Rusia , setelah Moskow mengatakan sebuah kapal angkatan laut Rusia mengejar kapal selam AS di perairan Rusia di Pasifik.

Rusia menuduh Washington melanggar hukum internasional dan menciptakan ancaman keamanan nasional atas insiden tersebut pada saat ketegangan meningkat antara Moskow dan Washington atas penumpukan militer Rusia di dekat Ukraina.

“Tidak ada kebenaran atas klaim Rusia atas operasi kami di perairan teritorial mereka,” kata Kapten Kyle Raines, juru bicara militer AS, dalam sebuah pernyataan.

“Saya tidak akan mengomentari lokasi pasti kapal selam kami, tetapi kami terbang, berlayar, dan beroperasi dengan aman di perairan internasional,” tambah pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Minggu (13/2/2022).

Sudah menjadi hal biasa bagi Amerika Serikat untuk memantau aktivitas militer yang dilakukan oleh negara lain tanpa harus memasuki wilayah perairannya.

Baca Juga  45 Liter Sopi Kembali Terjaring Dalam Operasi Pekat Polres Tanimbar

Diwartakan sebelumnya Kementerian Pertahanan Rusia yang mengatakan sebuah kapal angkatan laut Rusia mengejar kapal selam AS di perairan Rusia di Pasifik setelah kapal selam itu mengabaikan perintah kapal untuk muncul ke permukaan.

Kapal selam itu terlihat di dekat Kepulauan Kuril pada Sabtu pagi ketika Rusia sedang melakukan latihan angkatan laut dengan Armada Pasifik dan diperintahkan untuk segera muncul, kata kementerian Rusia.

Dikatakan bahwa perintah itu diabaikan oleh awak kapal selam AS, menyebabkan fregat Rusia mengambil tindakan yang tidak ditentukan untuk membuatnya pergi.

(red/sindonews)