Balqis Qonita Mahasiswi Asal Aceh yang Rela Jadi Relawan Guru Temanku di Pedalaman Halsel

oleh -182 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Balqis Qonita, dia adalah mahasiswa jurusan kedokteran dari Universitas Syiah Kuala (Aceh). Saat ini dia sedang menjalani koas di RS Marabose. Di sela-sela kesibukannya antara kuliah online dan koas. Dia juga mendaftar untuk menjadi salah satu bagian dari tim relawan Guru Temanku.

Kata Dokter Muda Balqis, keinginannya untuk ikut terlibat dalam kegiatan Guru Temanku dikarenakan dia ingin tahu lebih banyak mengenai kondisi masyarakat di desa-desa yang ada di Halmahera Selatan. Karena kedepannya setelah menyelesaikan pendidikan dokternya, Dokter Muda Balqis ingin mengabadikan diri di Kabupaten Halmahera Selatan. Berkegiatan bersama Guru Temanku adalah cara beliau untuk bisa mengenal lebih dekat masyarakat Halmahera Selatan, dari sisi yang lain tidak melulu tentang kesehatan.

Baca Juga  Cara China 'Menjajah' Negara-negara Lain: Beri Pinjaman yang 'Mustahil' Dilunasi

Beliau sadar bahwa untuk menciptakan masyarakat yang perduli akan kesehatan, baik diri dan lingkungan adalah dengan cara memberikan pendidikan yang layak dan bagus untuk mereka.

“Pendidikan akan membuka pikiran mereka, ketika pikiran sudah terbuka masyarakat akan sadar bahwa kesehatan adalah hal yang sangat penting bagi mereka. Karena percuma punya uang banyak kalau tidak sehat,” katanya.

Menurut Mr Adi, Selama di desa Kampung Baru, doker muda Balqis akan mengajar membaca, matematika dan juga bahasa Inggris. Dia berharap dengan latar belakang pendidikannya dia bisa menginspirasi adik-adik di desa yang dia kunjungi untuk punya mimpi meraih pendidikan setinggi mungkin. Selain itu, dia juga berharap lewat kehadirannya adik-adik akan terbuka juga kesadaran bahwa untuk perduli (mengajar) tidak harus orang-orang yang berprofesi sebagai guru atau orang-orang yang mengambil jurusan keguruan semata.

Baca Juga  Usia baru, TNI AU programkan pengadaan alutsista

Keperdulian adalah kata kunci untuk bisa memperbaiki dan memberikan banyak hal demi orang-orang disekitar kita. (adhy)