Begini Kondisi Jepang Usai Digoyang Gempa M 7,6 Disertai Tsunami

oleh -88 views
Peringatan dini tsunami ditayangkan di televisi menyusul serangkaian gempa kuat di Laut Jepang pada Senin, 1 Januari 2024. (AP/Eugene Hoshiko)

Porostimur.com, Tokyo – Gempa dengan magnitudo 7,6 telah mengguncang daerah sepanjang pantai Laut Jepang pada Senin (1/1/2024). Peringatan tsunami besar juga telah dikeluarkan untuk prefektur tengah Ishikawa.

Dilansir dari Nikkei Asia, gempa tersebut juga mengguncang gedung-gedung di pusat kota Tokyo. Tsunami setinggi 1,2 meter bahkan telah mencapai Pelabuhan Wajima di prefektur tengah Ishikawa.

Gempa tersebut terasa di wilayah yang luas dari prefektur Aomori di timur laut Jepang hingga wilayah barat daya Kyushu. Peringatan tsunami juga dikeluarkan untuk wilayah pesisir prefektur Yamagata, Niigata, Toyama, Fukui, dan Hyogo.

Dari foto-foto yang dibagikan di platform X, banyak rumah runtuh di beberapa bagian Ishikawa. Kondisi jalanan juga retak. Sekitar 32.500 rumah di prefektur tersebut dilaporkan kehilangan aliran listrik.

Pemerintah Jepang menyatakan, tidak ada masalah yang dilaporkan di pembangkit listrik tenaga nuklir di negara tersebut setelah gempa bumi. Pemerintah Jepang saat ini juga sudah mendirikan kantor tanggap darurat di kantor perdana menteri di Tokyo.

Sementara itu, East Japan Railway Co juga telah menghentikan sementara operasi semua jalur Shinkansen Tohoku, Joetsu dan Hokuriku.

Wilayah di Jepang Ini Laporkan Dihantam Gelombang Tsunami

Retakan terlihat di jalan kawasan Wajima, Prefektur Ishikawa, Jepang Senin, 1 Januari 2024, menyusul gempa bumi di Jepang. (AP/AP)

Kantor berita NHK melaporkan, gelombang tsunami setinggi sekitar 1 meter melanda sebagian pantai di sepanjang Laut Jepang. Namun diyakini ada gelombang tsunami yang jauh lebih besar.

Gelombang tsunami berbahaya setinggi 5 meter mungkin terjadi di sepanjang pantai utara Jepang tengah pada Senin dalam jarak 300 km dari pusat gempa, kata badan-badan AS dan Jepang.

Baca Juga  Kasat Reskrim Polres Malra Terkena Panah saat Amankan Bentrok antar Pemuda

“Gelombang tsunami berbahaya akibat gempa ini mungkin terjadi dalam jarak 300 km dari pusat gempa di sepanjang pantai Jepang,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik yang berbasis di Hawaii.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) memperingatkan tinggi gelombang bisa mencapai 5 meter.

NHK melaporkan, kota-kota yang sudah diterjang gelombang tsunami pada Senin petang tadi.

Kota Wajima di Prefektur Ishikawa telah melaporkan gelombang tsunami setinggi lebih dari 1,2 meter pada pukul 16.21 waktu setempat, tak berapa lama setelah gempa besar yang melanda wilayah tersebut.

Kota Toyama, prefektur Toyama, juga melaporkan adanya tsunami setinggi 50 sentimeter pada pukul 16.23 waktu setempat.

Para ahli memperingatkan, gelombang tsunami akan berulang kali melanda pantai dan mungkin akan menjadi lebih tinggi. Masyarakat yang berada di wilayah tersebut harus segera mengungsi. “Tetap waspada dan melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi dan pergi sejauh mungkin dari pantai,” demikian peringatan para ahli.

Baca Juga  Ini Kesalahan Suami Kepada Istri yang Tidak Bisa Dimaafkan dalam Islam

sumber: beritasatu

No More Posts Available.

No more pages to load.