BI Perwakilan Maluku Gelar Kegiatan UMKM Showcase Bertajuk “Recover Together Recover Stronger”

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Sebagai upaya mendorong percepatan pemulihan ekonomi di Maluku, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Provinsi Maluku menyelenggarakan kegiatan UMKM Showcase dengan tema “Recover Together, Recover Stronger”. Kegiatan yang berlangsung sejak 25 hingga 26 Februari 2022, bertempat di Tribun Lapangan Merdeka Kota Ambon.

Kegiatan ini secara khusus menitik beratkan pada upaya meningkatkan kelas UMKM di Provinsi Maluku melalui serangkaian kegiatan yaitu talkshow dengan berbagai tema terkait pengembangan UMKM di era digital, peningkatan transaksi penjualan, dan pendampingan kewirausahaan sebagaimana tajuk kegiatan ini, terdapat juga showcase (pameran) 10 UMKM binaan KPw BI Provinsi Maluku di lokasi kegiatan.

Kegiatan ini juga menghadirkan sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah
dan penggunaan Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dalam transaksi sehari-hari.

Baca Juga  Sisi Menarik Chelsea vs Manchester City, Tuchel vs Guardiola, Pertempuran Murid Jumpa Gurunya

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Kepala KPwBI Provinsi Maluku, Bakti Artanta bersama
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku, M. Nasir Kilkoda ini sekaligus juga
merupakan kegiatan pendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bulan Februari 2022 yang diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Kepala KPwBI Provinsi Maluku Bakti Artanta, dalam sambutannya menjelaskan bahwa tema yang diangkat pada kegiatan ini yaitu “Recover Together, Recover Stronger” diselaraskan dengan tema besar presidensi Indonesia pada G20 tahun ini.

“KPw BI Provinsi Maluku memandang semua elemen di Maluku perlu terus bersinergi, kolaborasi dan berkoordinasi secara bahu membahu untuk dapat bangkit dari kondisi pandemi dengan kondisi yang lebih kuat dari sebelumnya,” ujar Bakti Artanta

Baca Juga  Banpres UMKM Tidak Transparan, ini yang Harus Dilakukan

Untuk itu, KPw BI Provinsi Maluku mendorong seluruh stakeholders di Maluku untuk mendukung kampanye GBBI yang bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta dan bangga dalam menggunakan produk-produk lokal.

Dalam kesempatan ini, KPw BI Provinsi Maluku juga menyalurkan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) kepada beberapa pihak. PSBI berupa mesin generator set (genset) disalurkan kepada Pondok Pesantren Darussalaam Kamal, Kabupaten Seram Bagian Barat. Selanjutnya, disalurkan juga PSBI partisipasi kegiatan vaksinasi massal di daerah-daerah terpencil melalui Yayasan Ina Ama, Kota Ambon.

Terakhir, KPw BI Provinsi Maluku juga menyalurkan PSBI berupa 1.000 buah handsanitizer kepada masyarakat melalui Satuan Polisi Pamong Praja Provinsi Maluku.

Penyaluran PSBI tersebut merupakan bentuk komitmen KPwBI Provinsi Maluku dalam
mendukung upaya percepatan pemulihan kondisi ekonomi di Maluku. (Keket)