Bupati Halteng Buka Forum OPD & Musrenbang RKPD

oleh -17 views
Link Banner

Porostimur.com | Weda: Bupati Halmahera Tengah, Edi Langkara, membuka dengan resmi kegiatan Forum OPD dan Musrembang RKPD Tahun 2020, Kamis (15/4/2021) di Weda.

Kegiatan dengan tema “Peningkatan Kesadaran Hukum dan HAM Dalam Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Dan Perbaikan Infrastruktur Berbasis Pemerataan Berkelanjutan”, ini, turut hadir Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, Staf Ahli/Assisten, Pimpinan dan wakil DPRD, Forkopimda,Pimpinan OPD, dan para Camat se Kabupaten Halteng.

Bupati dalam sambutannya Forum Musrenbang ini mempunyai nilai strategis karena dengan melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan untuk membahas rancangan awal RKPD Tahun 2022, sebagaimana bercermin dalam amanat undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

Baca Juga  Julia Michaels Hadirkan Banger Pop-Rock ‘All Your Exes’ Sebagai Single Barunya

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah secara berjenjang telah dilaksanakan mulai dari tingkat desa, kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten untuk menyerap aspirasi masyarakat.

“Masukan dari semua unsur sangat saya harapkan sehingga Musrenbang ini menjadi lebih bermakna karena merupakan media utama.bagi segenap pelaku kepentingan untuk menyelaraskan prioritas pembangunan yang lebih berkualitas agar pembangunan dapat berkelanjutan dan berwawasan lingkungan sesuai tema pembangunan daerah” kata Edi Langkara

Sementara itu laporan ketua panitia Salim Kamaludin. sebagai Kepala Bappelitbangda maksud Kegiatan Musrembang adalah agar dapat menyamakan presepsi dari berbagai pihak untuk penyusunan rencana akhir RKPD tahun 2022. Sedangkan tujuan dari musrembang :

  1. menetapkan program prioritas daerah yang dibiayai melalui APBD kabupaten, APBD provinsi, APBN dan sumber pendanaan lainnya.
  2. Melakukan klarifikasi dan sinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan dari kecamatan dengan rancangan rencana kerja organisasi perangkat daerah (RENJA-OPD )
  3. tersusunnya rancangan akhir RKPD kabupaten halmahera tengah tahun 2022
Baca Juga  ESDM Akui Shell Angkat Kaki dari Blok Masela

Waktu dan tempat pelaksanaan forum OPD dan Musrenbang RKPD dilaksanakan Selama dua hari, pada tanggal 15/16 april 2021, bertempat di aula ” Hi. Salahuddin Talabuddin kantor Bupati halmahera tengah.”ucap Salim Kamaludin.

Saya berharap sasaran prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan RPJMD serta sasaran pembangunan Provinsi Maluku Utara dan Nasional dengan menggunakan Pendekatan Holistik-Tematik, Integratif, dan Spasial, untuk mencapai peningkatan daya saing daerah yang berpedoman pada kebutuhan dan kepentingan masyarakat yang paling mendesak dalam upaya untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang baik (Good Governance) yang menjunjung tinggi keinginan rakyat, agar terwujud pemerintahan yang efektif dan efisien.”tutup Edi Langkara. (red)