Bupati SBB Lantik 41 Kepala Desa

oleh -197 views
Link Banner

Porostimur.com – Piru: Bupati Seram Bagian Barat, Timotius Akerina melantik 41 kepala desa se-kabupaten Seram Bagian Barat pada Selasa, (9/11/2021). Agenda pelantikan berlangsung di lantai 3 Kantor Bupati Seram Bagian Barat yang dihadiri oleh Forkopimda SBB, tokoh agama, panitia pemilihan kepala desa se-SBB.

Pada kesempatan itu, Akerina mengatakan pelantikan kepala desa pada pemilihan putaran pertama ini adalah momentum yang sangat penting dan bersejarah karena harapan, impian dan keinginan masyarakat di 41 desa, telah terwujud untuk memiliki pemimpin yang devinitif.

“Penantian panjang ini telah tercapai, polemik dan tarik menarik, antara komponen masyarakat dan pejabat kepala desa telah berakhir dan tiba saatnya layar dikembangkan semangat digelorakan untuk meraih harapan masa depan desa yang lebih baik,” ujarnya.

Baca Juga  Sapulette: Sopir Angkot Nakal, Foto Plat Nomornya dan Lapor ke Dishub Ambon

Akerina mengatakan, untuk menjawab tuntutan dan harapan masyarakat akan pemimpin yang definitif, sekalipun tantangan dan penolakan begitu kuat, namun dia tetap berkomitmen untuk menjalankan pilkades, padahal secara politik sama sekali pilkades ini tidak menguntungkan dirinya secara pribadi.

“Tetapi demi Kabupaten SBB tetap saya komitmen sesuai program kerja dalam rapat paripurna di DPRD beberapa bulan kemarin,” tukasnya.

Akerina berpesan kepada para kepala desa terpilih agar menjadi pemimpin untuk seluruh rakyatnya jangan ada perbedaan satu dengan yang lain.

“Kepala desa juga harus menghargai dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat yang berlaku di desa masing – masing. Bangun komunikasi kerjasama dengan tokoh agama dan aparat keamanan. Kepala desa harus jujur dan transparan. Jauhi korupsi, kolusi dan nepotisme,” tukas Timotius.

Baca Juga  Tiba di Bumi Larvul Ngabal, Uskup Mandagi Disambut Bupati Maluku Tenggara

Akerina mengatakan, untuk pemilihan tahap kedua yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini hanya akan dilaksanakan sebanyak 26 desa yang sudah mengikuti proses dan tahapan dalam pemilihan kepala desa.

Senada dengan Bupati Akerina, Wakil Ketua DPRD SBB, La Nyong mengatakan dirinya sangat mendukung atas suksesnya pelantikan 41 desa di Seram Bagian Barat, karena dengan pilkades ini membantu pemerintahan dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang ada di Pemerintahan SBB khususnya di desa.

“Dan manfaat pelantikan kepala desa ini ada tiga hal yang dapat kita lihat kedepan yaitu dari segi ekonomi, sosial dan segi politik sebab kepala desa dipilih oleh masyarakatnya sendiri yang lebih memahami rakyatnya sendiri, dan bukan lagi pejabat,” ucap Nyong. (kahar)