Daun Kelor dan Pepaya, Kode Khusus Eks Gubernur Malut AGK Minta Kepeng ke Bawahan

oleh -190 views
Kepala Inspektorat Maluku Utara, Nirwan MT. Ali (Tengah) saat bersaksi di sidang AGK, Rabu (5/6/2024). (Foto: Istimewa).

Porostimur.com, Ternate – Mantan Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba rupanya punya kode khusus saat meminta uang kepada sejumlah pejabat di lingkungan pemerintahan setempat. Daun kelor dan pepaya adalah dua kode yang sering dipakai oleh AGK untuk meminta kepeng (uang) kepada para bawahannya.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Inspektorat Provinsi Maluku Utara Nirwan MT. Ali saat memberikan kesaksiannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada Pengadilan Negeri Ternate, Rabu (5/6/2024).

“Iya, pernah meminta tapi pakai kode daun kelor, dan itu untuk kepentingan beliau berobat” ujarnya. 

Nirwan menjelaskan, jika AGK meminta uang senilai Rp65 juta, maka kodenya menggunakan kode daun kelor, dan jika yang diminta nominalnya Rp50 juta, maka kodenya daun pepaya. Namun Nirwan mengaku, tidak semua permintaan AGK dipenuhi olehnya, lantaran tidak memiliki uang.

Baca Juga  Dinas Perpustakaan Kota Ambon Gelar Bimtek

“Semua permintaan itu, saya tidak memberikannya, karena saat itu saya juga belum punya uang,” ujarnya.

Melansir rri.co.id, Nirwan mengaku kehadirannya di PN atas kasus lelang jabatan pada pejabat eselon dua. Posisinya saat itu sebagai anggota panitia seleksi (Pansel). Sedangkan ketua Pansel adalah Rektor Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) Ternate Prof. Saiful Deni.

No More Posts Available.

No more pages to load.