Gempa Magnitudo 7.2, BPBD Malut Catat 6 Desa Alami Kerusakan Paling Parah

oleh -30 views
Link Banner


@porostimur.com | Ternate: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Utara mencatat, Enam (6) Desa di Kecamatan Gane Barat sebagai Desa Terdampak paling parah.

Kerusakan akibat gempa, terjadi di Desa Saketa, Desa Koititi, Desa Lemo-Lemo, Desa Canggo, Desa Papaceda, dan Desa Nyoyifi dengan tingkat kerusakan mencapai 80 persen,

Sekretaris BPBD Maluku Utara, Ali Yau mengatakan pasca gempa magnitudo 7,2 yang mengguncang wilayah Maluku Utara, pihak BPBD Malut langsung melakukan koordinasi dengan BPBD di.Maluku Utara termasuk dengan BPBD Kabupaten Halmahera Selatan.

Dari hasil koordinasi, diperoleh imformasi kerusakan yang paling parah akibat gempa, terdapat di daerah Gane Barat.

Link Banner

“Saat ini, teman-teman BPBD Halmahera Selatan, aparat TNI/Polri dan aparat desa sedang melakukan pendataan terhadap kerusakan pasca gempa,” kata Ali Yau.

Baca Juga  Jadwal Lengkap Siaran Langsung Piala Dunia 2018

Ia menyebut, pasca gempa, warga di Labuha, ibukota Kabupaten Halsel sempat mengungsi ke daerah yang lebih tinggi, namun sekarang mereka telah kembali ke kadiamann masing-masing.

Ali Yau mengatakan, Pihak BPBD Malut akan terus berkoordinasi dengan BPBD Halsel untuk melakukan pendataan.

“Kami menghibau masyarakat yang ada di Maluku Utara untuk tetap mendengar informasi dari BMKG dan BPBD setempat. Jangan mudah percaya dan terprovokasi dengan informasi yang tidak jelas sumnernya,” tukas Ali Yau. (red)

porostimur.com mencatat, selain di Kecamatan Game Barat, Kerusakan akibat gempa juga terjadi di Desa Sabatang dan Desa Gandasuli, Kecamatan Bacan Timur. (red)