Gunung Api Ibu di Halmahera Barat Kini Berstatus Awas Level IV

oleh -15 views

Porostimur.com, Jailolo – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status gunung Api Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, dari Level III Siaga ke Level IV Awas pada Kamis (16/5/2024).

Penyelidik Bumi Madya di Pusat Vulkanologi dan Metigasi Bencana Geologi Sofyan Primulyana mengatakan, terjadinya peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Ibu berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental pada pukul 15.00 WIT.

“Kegempaan meningkat tajam sejak beberapa hari belakangan. Kemudian intensitas erupsinya juga meningkat melihat dari kolom erupsinya yang rata-rata saat ini mencapai 5.000 meter di atas permukaan laut. Untuk itu kami menaikkan mejadi Level IV,” katanya.

Aktivitas gunung terekam pada seismogram Pos Pengamatan Gunung Api Ibu, pada hari ini pukul 09.58 WIT. Erupsi terjadi dengan ketinggian sekitar 5.000 meter di atas puncak, berwarna kelabu, dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur laut, dan suara gemuruh terdengar hingga ke Pos Pengamatan Gunung Api Ibu.

Baca Juga  Hampir 10 Juta Gen Z Nganggur, Menyingkap Sisi Gelap Generasi Z

“Masyarakat di sekitar Gunung  Ibu dan pengunjung ataupun wisatawan agar tidak beraktivitas mendekati Gunung Ibu di dalam radius 4 kilometer (km) dari puncak. Kemudian sektoral sejauh 7 km dibukaan arah utara,” ujarnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.