Gunung Ibu Erupsi Lagi, Hujan Abu Guyur Pemukiman Warga

oleh -37 views
Kondisi Gunung Ibu, Halmahera Barat, Maluku Utara saat meletus pukul 17.12 WIT, Sabtu, 12 Januari 2019. BNPB

Porostimur.com, Jailolo – Gunung Ibu di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, kembali erupsi pada Jumat (23/2/2024) pukul 11.01 WIT. Dalam sepekan terakhir, Gunung Ibu sudah erupsi 3 kali.

Melansir informasi letusan dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) melalui aplikasi MAGMA Indonesia, tinggi kolom abu teramati mencapai 600 meter di atas puncak atau 1.925 meter di atas permukaan laut.

Kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tebal ke arah barat. Erupsi tersebut terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 25 milimeter dan durasi 64 detik.

“Hujan abu tipis turun sampai di pemukiman warga arah barat dari Gunung Ibu. Seismik didominasi noise sejak pukul 00.00 sampai dengan 09.08 WIT,” ucap Pelaksana Tugas Kepala Badan Geologi, Muhammad Wafid, dalam keterangan resmi, Jumat, 23 Februari 2024. Dia mengimbuhkan soal adanya dua pemadaman listrik akibat letusan tersebut.

Baca Juga  Mahasiswa Pascasarjana Ekonomi Unpatti Gelar Pengabdian Masyarakat di Pantai Liang

Gunung api yang memiliki ketinggian 1.325 meter di atas permukaan laut (mdpl) kini berstatus level II atau Waspada. Gunung Ibu tercatat sudah mengalami erupsi hingga 38 kali sejak Januari 2024.

Wafid mengimbau masyarakat dan wisatawan di sekitar Gunung Ibu agar tidak beraktivitas dalam radius 2 Km, maupun perluasan sektoral hingga 3,5 km, ke arah bukaan bagian utara dari kawah aktif Gunung Ibu.

No More Posts Available.

No more pages to load.