Gunung Ibu Meletus Lagi, Muntahkan Abu Vulkanis Setinggi 600 Meter

oleh -5 views

Porostimur.com, Jakarta – Gunung Ibu di Pulau Halmahera, Maluku Utara, kembali meletus dan memuntahkan abu vulkanis setinggi 600 meter dari puncak kawah aktif, pada Selasa (2/7/2024) pagi pukul 09.15 WIB.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan bahwa alat seismograf pos pengamatan Gunung Ibu merekam erupsi dengan amplitudo maksimum 7 mm. Letusan tersebut menciptakan awan abu vulkanis berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat selama lebih dari satu menit.

Meski demikian hingga saat ini aktivitas Gunung Ibu masih berstatus siaga atau level III, setelah terakhir berstatus awas atau level IV pada 21 Juni 2024.

PVMBG mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas apa pun dalam radius empat kilometer dari pusat erupsi, serta sektoral lima kilometer pada bukaan kawah bagian utara. Jika terjadi hujan abu, masyarakat yang beraktivitas di luar rumah disarankan untuk menggunakan pelindung hidung, mulut seperti masker dan kacamata.

Baca Juga  Bawaslu Maluku Temukan Ratusan KK di 3 Kabupaten Tak Diberi Stiker Coklit

Gunung Ibu yang memiliki ketinggian 3.325 meter di atas permukaan laut adalah gunung berapi yang terletak di bagian barat laut Pulau Halmahera. (red/beritasatu)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.