Jelang Lebaran, 264 Anggota DPR Bolos dari Rapat Paripurna

oleh -27 views
Link Banner

Porostimur.com | Jakarta: Sebanyak 264 orang Anggota DPR RI tidak hadir dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan V Tahun 2020-2021 yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/5).

Wakil Ketua DPR RI yang memimpin rapat itu, Muhaimin Iskandar, menyebut hanya 311 anggota dewan yang hadir dari jumlah seluruh anggota DPR yakni 575 orang. Sementara itu, hanya 65 orang yang hadir secara fisik di kompleks parlemen.

“Menurut catatan Sekretariat Jenderal, telah hadir bersama kita 65 anggota DPR RI yang hadir langsung dan 246 anggota melalui virtual. Dengan begitu, telah terpenuhi kuorum,” kata Muhaimin dalam rapat yang disiarkan kanal Youtube DPR RI, Kamis (6/5/2021).

Selama pandemi Covid-19, pelaksanaan Rapat Paripurna memang hanya dihadiri secara langsung oleh perwakilan di Gedung DPR RI. Pimpinan DPR minimal dihadiri oleh tiga orang, anggota yang mewakili Fraksi satu orang, dan anggota yang mewakili Komisi dan AKD satu orang.

Masa sidang kali ini dibuka usai para anggota DPR RI reses ke daerah pemilihan masing-masing. Mereka telah menjalani reses sejak 10 April.

Baca Juga  Sepi Penumpang Akibat Corona, Garuda Terpaksa Angkut Hasil Laut dari Ambon ke China

Masa sidang kali ini juga hanya akan berjalan dua hari. DPR akan memasuki masa libur Hari Raya Idulfitri yang hanya tinggal hitungan jari.

Di awal rapat, Muhaimin menyampaikan duka cita atas insiden kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali. Ia juga menyampaikan duka cita atas gugurnya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua Mayjen TNI Anumerta I Gusti Putu Danny dalam kontak tembak dengan KKB.

Muhaimin berkata DPR RI menerima dua surat, yaitu surat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Presiden RI. Dia menyebut surat dari presiden berkaitan dengan pergantian antar waktu (PAW) sejumlah anggota dewan.

Anggota dewan yang akan diambil sumpah har ini adalah Itet Tridjajati Sumarijanto dari Fraksi PDI Perjuangan dan Ali Mufhti dari Fraksi Partai Golkar. Itet menggantikan Bambang Suryadi, sedangkan Ali menggantikan Gatot Sudjito.

Baca Juga  Soal Pemindahan Ibukota, JK Bilang DPR dan Pemerintah yang Akan Putuskan

“Kita akan ambil sumpah setelah Ketua DPR RI menyampaikan pidato,” tuturnya.

(red/CNN-Indonesia)