Kapolri Tetapkan 6 Tersangka Tragedi Kanjuruhan

oleh -112 views

Porostimur.com, Malang – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan fakta yang ditemukan dari perkembangan penanganan Tragedi Kanjuruhan. Kapolri mengatakan panitia penyelenggara tidak menyiapkan rencana darurat untuk situasi khusus.

“Ditemukan fakta juga, penonton yang kemarin datang hampir 42 ribu pada saat kita dalami dari panitia penyelenggara tidak menyiapkan rencana darurat untuk menangani situasi-situasi khusus,” ujar Jenderal Listyo Sigit dalam konferensi persnya di Polresta Malang Kota, Kamis (6/10/2022).

Sigit mengatakan rencana darurat ini diatur dalam regulasi keselamatan dan keamanan PSSI tahun 2021. Menurutnya hal ini merupakan salah satu bentuk kelalaian.

“Sebagaimana diatur dalam pasal 8 regulasi keselamatan keamanan PSSI tahun 2021. Tentunya kelalaian tersebut menimbulkan pertanggungjawaban,” tuturnya.

Baca Juga  KPU: Mirati Dewaningsih Lepas Kursi DPD Karena Maju di Pilkada Maluku Tengah 2024

Selain itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) disebut tidak melakukan verifikasi Stadion Kanjuruhan. Verifikasi ini khususnya berkaitan dengan keselamatan penonton.

“Kita melakukan olah TKP. Berdasarkan hasil pendalaman, ditemukan bahwa PT LIB selaku penyelenggara Liga 1 tidak melakukan verifikasi terhadap Stadion Kanjuruhan,” ujar Sigit.

“Verifikasi terakhir dilakukan pada tahun 2020 dan ada beberapa catatan yang seharusnya dipenuhi, khususnya terkait dengan masalah keselamatan bagi penonton,” sambungnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.