Mahasiswa Kubermas Unkhair Ternate Sosialisasi Ecobrick di Kalumata

oleh -55 views
Link Banner

Porostimur.com | Ternate: Mahasiswa Kubermas Universitas Khairun Ternate di Kelurahan Kalumata Kelompok 2,7,8 menggelar sosialisasi mengenai Ecobrick pada lingkungan masyarakat RT 002/RW. 00. Agenda ini dilaksanakan bersama dengan dosen pengabdian para Mahasiswa tersebut kepada masyarakat.

Agenda sosialisasi ini terkait dengan pembuatan Ecobrick dari sampah plastik organik, sampah organik ini salah satunya sampah yang susah terurai dengan rens waktu kedepan. Ecobrick adalah salah satu prinsip dasar yang disebut dengan prinsip 3R yang pertama Reduce (kurangi), Reuse (gunakan kembali), Recycle (daur ulang. Ini adalah upaya bertahap, yang diawali ketika sampah belum diproduksi.

Ketua kelompok Yasin A Bangsa mengatakan bahwa Maluku Utara khususnya Kota Ternate masalah yang paling pokok adalah soal sampah dan ini bukan problem baru tapi sudah lama, hal ini perlu kita sadari bahwa sampah yang bisa kita daur ulang ini sebenarnya mengurangi penumpukan sampah pada lingkungan keluarga maupun lingkungan pada umumnya, maka perlu kiranya kesadaran secara individu itu dibangun berdasarkan tingkat kreativitas masyarakat agar perlu kita bisa mendaur ulang kembali sampah-sampah plastik yang mempunyai nilai lebih bagi kita

Baca Juga  Gubernur Dukung Pembentukan Dewan Kebudayaan Maluku Utara

Sementara dosen pengabdian yang juga salah satu DPL Fajria Dewi Salim, S.PI., M.SI
dari kelompok Kelompok 2,7,8
menambahkan Ecobrick ini bisa dimanfaatkan sebagai nilai economies yang menguntungkan bagi kita.

“Tanpa perlu kita susah membeli keperluan rumah tangga yang nilai finansial yang tinggi karena Ecobrick ini adalah langkah paling baik kita membuat keperluan rumah tangga dari hasil sampah plastik yang disebutkan ECOBRICK

Sekedar diketahui sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus tepat pada posko nelayan RT 002/ RW. 001 Kelurahan Kalumata. Sosialisasi ini juga disisipkan dengan tes kesehatan pada kelompok nelayan, tes kesehatan ini dilakukan oleh Mahasiswa Kebermas kedokteran, dan semua agenda yang dilaksanakan tersebut berjalan dengan baik. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.