Menyongsong Era Metaverse, 5 Profesi Ini Diprediksi Akan Banyak Dicari dan Datangkan Cuan Berlimpah!

oleh -56 views
Link Banner

Porostimur.com, Ambon – Menyongsong Era Metaverse, 5 Profesi Ini Diprediksi Akan Banyak Dicari dan Datangkan Cuan Berlimpah! teknologi yang terus berkembang memaksa setiap orang untuk menyesuaikan diri dan menjadi lebih fleksibel. Apakah kamu juga mengalaminya, Beauties?

Kalaupun saat ini kamu sudah nyaman dengan pekerjaan yang kamu jalani, jangan dulu menutup ruang bagi perubahan di masa depan, ya! Pasalnya, kehadiran era Metaverse diprediksi akan menggeser sejumlah lanskap industri hingga kebutuhan tenaga kerja. Singkatnya, Metaverse adalah dunia digital yang kemungkinan akan menggantikan kehadiran ‘dunia fisik’ dalam beberapa hal.

Untuk kamu yang tertarik bekerja di dunia virtual reality, berikut ini referensi lima profesi yang akan banyak dibutuhkan di era Metaverse. Simak, yuk!

Software Engineer

Ilustrasi Software Engineer/ Foto: Pexels/ ThisIsEngineering
Ilustrasi Software Engineer/ Foto: Pexels/ ThisIsEngineering

Era Metaverse akan mengubah cara orang berinteraksi dan bertransaksi di dunia digital. Menggunakan alat augmented reality (AR), para pengguna bisa bertatap muka melalui representasi avatar secara real time.

Namun, agar pengguna dapat berinteraksi dengan mulus, diperlukan ahli untuk menyempurnakan software yang tersedia. Untuk itulah jasa seorang software engineer AR akan banyak dicari, Beauties.

Baca Juga  Kapolres MTB Pantau Pos Pam & Pos Yan Ops Ketupat Siwalima 2020

Untuk kamu yang tertarik melakukan analisa, merekayasa, dan menyusun spesifikasi perangkat lunak, kamu bisa pertimbangkan peralihan profesi menjadi seorang software engineer AR di masa depan.

Desainer Game

Ilustrasi Desainer Game/ Foto: Pixabay
Ilustrasi Desainer Game/ Foto: Pixabay

Beauties, kamu pasti menyadari jika industri game berbanding lurus dengan perkembangan teknologi dan internet. Maka dari itu, Metaverse bisa dikatakan akan menjadi momen puncak bagi pelaku industri game dan penggunanya.

Jika kamu ingin menjadi bagian dari industri ini, kamu bisa mempertimbangkan profesi sebagai desainer game, Beauties. Saat ini saja, persaingan game sudah sangat kompetitif dalam memperebutkan perhatian pasar. Desainer game akan selalu dibutuhkan untuk memperbarui karakter, menciptakan alur permainan, serta mengembangkan fitur-fitur baru yang diperlukan.

Jika kamu menyukai game dan desain grafis, profesi ini bisa jadi pilihan, Beauties! Tertarik?

NFT Strategist

Ilustrasi NFT Strategist/ Foto: Pinterest/Forbes.com
Ilustrasi NFT Strategist/ Foto: Pinterest/Forbes.com

Apakah kamu tahu apa itu Non-Fungible Token (NFT)?

NFT adalah aset digital yang memverifikasi kepemilikan seseorang atas berbagai barang unik. Berbeda dengan mata uang kripto, NFT tidak bisa ditukarkan namun bisa diperjualbelikan mengikuti mekanisme pasar yang ada.

Baca Juga  Pemprov Maluku dan Petrotekno Teken MoU Penyiapan Tenaga Kerja Masela

Kebutuhan akan NFT ini diprediksi akan melonjak naik untuk melindungi aset digital pengguna di Metaverse. Untuk itulah profesi NFT strategist akan banyak dicari.

Dilansir dari laman Wolipop, kamu harus menguasai ilmu mendalam tentang teknologi blockchain jika ingin menjadi seorang NFT strategist. Tugas utama yang harus kamu lakukan adalah membuat konsep dan menganalisa tren agar dapat menghasilkan strategi yang bisa menarik pengguna dan mendorong engagement.

Blockchain Engineer

Ilustrasi Blockchain Engineer/ Foto: Pinterest/ Imarticus Blogs
Ilustrasi Blockchain Engineer/ Foto: Pinterest/ Imarticus Blogs

Trio blockchainMetaverse, dan cyber AI merupakan tiga hal yang tak terpisahkan satu sama lain. Oleh karenanya, untuk membuat salah satu elemen dasar dalam metaverse, seorang blockchain engineer akan banyak banyak dibutuhkan di masa depan.

Bagi kamu yang masih asing dengan istilah ini, blockchain sederhananya adalah sebuah buku besar digital yang mencatat transaksi kripto. Teknologi ini dianggap memiliki keamanan yang istimewa karena sistemnya terdesentralisasi dan minim kemungkinan untuk direkayasa.

Nah, tugas seorang blockchain engineer nantinya adalah mengembangkan dan mengimplementasikan arsitektur dan melakukan pemecahan masalah menggunakan teknologi blockchain. Lazimnya, jasa blockchain engineer banyak dibutuhkan oleh perusahaan konsultan teknologi dan pelayanan data.

Baca Juga  Antonio Conte dan Fabio Capello Komentari Kekalahan AC Milan atas Liverpool

Jika kamu tertarik dengan dunia komputasi dan big data, kamu bisa coba profesi yang satu ini, Beauties!

Product Manager

Ilustrasi Product Manager/ Foto: Freepik/ luis_molinero
Ilustrasi Product Manager/ Foto: Freepik/ luis_molinero

Sebagaimana lini bisnis pada umumnya, setiap perusahaan tentu membutuhkan jasa seorang product manager untuk terus berinovasi. Perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang digital juga harus terus mengembangkan produk menyesuaikan kebutuhan pengguna.

Jika kamu tertarik untuk menjadi seorang product manager, kamu tidak hanya bertanggung jawab dalam penciptaan strategi, melainkan juga dalam memasarkan produk hingga membuat pengguna memahami penggunaannya.

Dalam profesi ini, pengelolaan yang tepat dari umpan balik atau feedback pengguna sangat diperlukan untuk mengembangkan produk sesuai ekspektasi pasar. Tidak berhenti sampai pengelolaan produk, kamu juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk merilis fitur produkmu.

Itu dia lima profesi yang akan banyak dicari di era Metaverse. Meski Metaverse baru sebatas konsep, tapi tidak ada salahnya membekali diri dengan ilmu seputar komputerisasi sejak dini, Beauties. Kalaupun tidak beralih profesi, setidaknya kamu akan lebih mudah beradaptasi dengan teknologi masa depan.

(red/beautynesia)