Pangdam XVI/Pattimura Dampingi Kunjungan KSAD di Maluku Utara

oleh -46 views

Porostimur.com, Ternate – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han) mendampingi rangkaian kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc., yang didampingi oleh Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Uli Simanjuntak di wilayah Ternate, Maluku Utara, Senin (5/2/2024).

Kunjungan kerja Kepala Staf Angkatan Darat akan dilaksanakan selama dua hari dengan agenda utama yaitu launching TNI AD Manunggal Air di Desa Tapeleo Batu Dua Kec. Patani Utara, Kab Halmahera Tengah. 

Dalam kunjungan tersebut, Kasad juga didampingi oleh Aster Kasad beserta Istri, Aslog Kasad beserta Istri dan Kadispenad. Kedatangan Kasad beserta rombongan di Bandara Sultan Baabullah, Ternate disambut langsung oleh Pangkostrad, Pangdam XVI/Ptm beserta Istri, Pj. Gubernur beserta Ketua Tim Penggerak PKK Prov Malut, Forkopimda Prov Malut dan Danrem 152/Baabullah beserta Istri dengan Tarian Soya Soya dan Pengalungan Selendang serta pemberian Hand Bouquet. 

Baca Juga  Gunung Ibu Erupsi pada Minggu Malam

Tarian Soya Soya merupakan tarian tradisi masyarakat Maluku Utara yang dipercaya telah ada sejak masa Kesultanan Ternate dipimpin oleh Sultan Baabullah yang dimaknai pantang menyerah dan juga dapat dimaknakan sebagai penjemputan 

Mengawali kegiatan kunjungan, Kasad beserta rombongan berkesempatan mengunjungi Kedaton Kesultanan Ternate dilanjutkan Penganugerahan Gelar Kesultanan Ternate kepada Kasad oleh Sultan Ternate Ke-49, Hidayat M Syah.
Adapun gelar yang diterima Kasad yakni ” Kapita Ahi Besi Malamo” yang bermakna Panglima Ahi Besi Angkatan Darat Besar. 

Harapannya dengan gelar ini bapak KASAD dengan jabatan adat selaku Kapita Ahi Besi Malamo dapat menjadi pemimpin yang besar dengan karakter yang sangat kuat sehinga dapat mangawal dan menjaga bangsa ini. 

Baca Juga  Prajutit Kodam Pattimura Panen Medali di The 5Th National Open Karate Championship 2024, Pangdam Bangga

Sebelum menerima gelar adat terlebih dahulu diadakan Tradisi Joko Kaha. Tradisi Joko Kaha merupakan bentuk penghormatan kepada tamu yang datang ke Ternate terutama pemimpin-pemimpin negara atau kerajaan. 

Usai prosesi penganugerahan Gelar Kesultanan Ternate, Pangdam mendampingi Kasad beserta rombongan mengunjungi salah satu tempat ikonik bersejarah yang ada di Ternate yaitu Benteng Oranje. Benteng yang didirikan pada 26 Mei 1607 merupakan bekas markas VOC yang pertama kali ada di Indonesia (Hindia Belanda pada masa itu sebelum pindah ke Batavia). Benteng tersebut untuk memperkuat jalur perdagangan rempah serta memperluas kekuasaan kolonialisme Eropa terutama bangsa Belanda. 

Selama mendampingi Kasad, Pangdam mengaku merasa bangga dan bersyukur mendapat kunjungan kehormatan Kasad dan Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana. Dari tingginya sinergitas dan soliditas yang ditunjukkan prajuritnya, Pangdam berharap, hal tersebut dapat memberikan keyakinan kepada Kasad bahwa Prajurit Kodam XVI/Pattimura sangat solid, kompak dan memiliki jiwa-jiwa petarung. 

Baca Juga  Usai Bertarung di Pileg, Para Wakil Rakyat di DPRD Maluku Siap Bahas Tiga Agenda Penting

“Kami Prajurit Kodam XVI/Pattimura siap mendukung kepemimpinan Kasad dan selalu siap menjaga keutuhan negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Pangdam. (Amirudin Irsad)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.