Peringati Hari Armada RI Tahun 2021, Lantamal IX Beri Pelatihan Evakuasi Medis Laut Kepada Mahasiswa Poltekes Kemenkes Maluku

oleh -25 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Dalam rangka Peringatan Hari RI Tahun 2021 yang jatuh pada 5 Desember Tim Evakuasi Medis Laut Rumkital dr. FX. Suhardjo Lantamal IX transfer Knowledge dan keterampilan Evakuasi Medis Laut (EML) kepada 96 Mahasiswa Prodi D3 Kebidanan Poltekkes Kemenkes Maluku dan 15 Personel Rumkital dr FX Suhardjo di dermaga Beaching, Mako Lantamal IX, Desa Halong, Kecamatan Baguala, Kota Ambon, Sabtu.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., melalui keterangan resminya yang diterima, Ahad (5/12/2021) menyatakan, selain kerjasama dalam bentuk transfer keterampilan, kegiatan ini juga sekaligus dalam rangka peringatan Hari Armada RI.

Lebih lanjut Danlantamal menuturkan Kepada para Mahasiswa bahwa disamping knowledge dan etika, skill juga harus dimiliki para tenaga kesehatan bidan maupun perawat. Mengingat kondisi geografis Maluku 92,4 persen wilayahnya merupakan laut, sehingga ilmu ini bisa bermanfaat saat penugasan mereka kedepan.

Baca Juga  Lantamal IX Ambon Kembali Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 bagi Masyarakat

Sebagai salah satu provinsi kepulauan terluas, Maluku tidak terlepas dari aktifitas laut. Sehingga Lantamal IX sebagai salah satu institusi yang berperan lebih banyak di laut mempunyai kepedulian dalam hal pencegahan dan penyelamatan korban musibah di laut.

Wujud kepedulian tersebut adalah memberikan bentuk praktek langsung yang memang sangat penting bagi mahasiswa keperawatan Poltekkes Kemenkes Maluku sebelum terjun di medan pengabdian di pulau-pulau terpencil.

Kegiatan tersebut terselenggara karena kerjasama antara Lantamal IX Ambon dan Poltekkes Kemenkes Maluku serta dukungan dari Rumkital dr FX Suhardjo.

Sebelum dilaksanakan kegiatan problem laut, terlebih dahulu para peserta diberikan penjelasan tata cara penggunaan alat safety yang benar dan beberapa teknik penyelamatan maupun evakuasi di laut.

Baca Juga  8 Orang Bacalon Bupati Kepulauan Sula Siap Paparkan Visi-Misi di Partai NasDem

Di awal materi Tim Evakuasi Medis Laut Lantamal IX Ambon juga berpesan kepada para peserta Mahasiswa Kebidanan Poltekkes Kemenkes Maluku agar mengutamakan keselamatan personil maupun materil.

Goal kegiatan ini adalah ketepatan serta kecepatan dalam merespons sebuah musibah atau kecelakaan di laut.

Sebelum melaksanakan materi Lapangan para mahasiswa diberikan pengenalan materi dan aturan keselamatan di laut agar semua kegiatan berjalan dgn lancar dan aman. Dilanjutkan pemanasan/peregangan guna mencegah cidera saat pelaksanaan.

Turut Hadir dalam kegiatan Yusin Wabula (Dosen Pendamping), Letda Laut (S) Amsir Kuli (Perwira Dinas Jaga Lantamal IX) dan 15 Pelatih EML Lantamal IX. (red)