Politeknik Negeri Ambon Laksanakan PPKMB Tahun 2021

oleh -116 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Politeknik Negeri Ambon kembali melaksanakan Program Pembinaan Kebersamaan Mahasiswa Baru (PPKMB) tahun 2021, yang diikuti sebanyak 992 Mahasiswa.

Pelaksaan PPKMB itu dibuka Meny Huliselan, selaku Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Kampus Polteknik Negeri Ambon, Jumat (26/11). Diagendakan PPKMB yang dilakukan secara daring ini digelar selama dua hari, Jumat dan Sabtu (27/11).

Pelaksaan PPKMB sendiri, dihari pertama hadir sebagai Pemateri Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Undang Mugopal, Kapolda Maluku Irjen Pol.Refdi Andri di wakili Kombes Pol. Andy Ervyn Direktur Bimbingan Masyarakat (Dirbimas) Polda Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Bambang Ismawan yang diwakili Kolonel Arh G. Hasto Respatyo, Pamenahli Bidang Hukum dan Humaniter Kodam XVI/Pattimura, Anggota DPR-RI Hendrik Lewarisa dan beberapa pemateri lainya.

Sementara 992 mahasiswa baru Politeknik Negeri Ambon terdiri Lima (5) jurusan Diploma Tiga (D3) Mesin, Sipil, Elektro,Akuntansi, dan Administrasi Niaga. Dan terbagi 12 Program Studi yakni; Teknik Sipil, Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan, Manejemen Proyek Konstruksi, Teknologi Rekayasa Sistem Mekanikal Migas, Teknologi Produksi Migas, Teknik Listrik, Teknik Informatika, Teknologi Rekayasa Sistem Kelistrikan Migas, Administrasi Bisnis, Administrasi Bisnis Terapan, dan Akuntasi.

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Meny Huliselan, disela-sela pembukaan PPKMB menyebut keputusan PPKMB dibawa sorotan tema; ” Meningkatkan SDM di Bidang Vokasi Secara Mandiri Yang Berorientasi Kepulauan Untuk Mendorong Pasar Kerja Nasional” dengan berbagai pertimbang, dan tentu juga kordinasi Gugus Tugas Covid-19 sehingga diputuskan dilakukan tidak secara langsung atau tatap muka.

Baca Juga  Tak Ada Kabar Sejak Senin, Sania Ditemukan Tak Bernyawa

“Kita sudah harus mewanti-wanti karena seribuan lebih mahasiswa. Karena itu jalan terbaik kita ambil secara virtual untuk menghindari klaster baru. Kita mematuhi prokes, sebagaimana anjuran dari gugus tugas covid-19,” ujar Meny Huliselan.

Pembukaan PPKMB dilangsung dari Manise Hotel. Dijelaskan Meny, Pembukaan mestinya dilakukan dari kampus.

” Karena sehubungan lagi ada kegiatan P4M, di tempat itu tidak bisa dipergunakan, dan juga masalah teknologi yang memang tidak bisa menyambung dalam satu tempat yang bersamaan sehingga kita mengambil tempat ini,” akui Meny Huliselan.

Dipastikan Meny ada sebanyak 992 Mahasiswa. Dan perlu memonitor mereka satu persatu dalam mengikuti seluruh sesi selama dua hari.

Baca Juga  Hadapi Varian Omicron Kemenkes akan Pasang Peralatan Genome Sequencing di Maluku

“Dengan narasumber Kajati Maluku, Pangdam XVI/Pattimura, Kapolda Maluku dan satu narasumber dari Jakarta, Hendrik Lewerissa.Dia berbicara tentang kebijakan Maluku di 10 tahun yang akan datang,” jelas Huliselan.

Sembari Meny Huliselan berharap mahasiswa baru dapat menyesuaikan dengan lingkung baru, karena pada posisi secara phisikis masuk dalam kehidupan yang baru.

” Harapanya ketika dia (mahasiswa baru) masuk dalam kehidupan yang baru dia bisa adaptasi untuk bisa menyampaikan aspirasinya. Karena kehidupan kampus merupakan kehidupan yang bebas,” kata Dia.

Bebas, kata Dia harus yang bertanggung jwab. Untuk itu, diharapkan para mahasiswa baru juga harus lebih baik lagi dengan aturan-aturan yang sudah ada dalam lingkungan Kampus Politeknik Negeri Ambon.

Baca Juga  Lantamal IX Laksanakan Komunikasi Sosial Maritim Bela Negara

“Sehingga pada saat penyampaian aspirasi betul-betul tertib dan benar sesuai dengan arahan intektual kita sebagai orang-orang yang bijak dalam menyampaikan aspirasi,” tambahnya. (keket)