Sambut HAB ke 74, Kemenag Maluku Gelar Long March Jalan Sehat Kerukunan

oleh -149 views
Link Banner

Porostimur.com | Ambon: Dalam rangka menyambut Hari Amal Bakti (HAB) Kemenag ke 74 yang akan diperingati pada 3 Januari 2020 mendatang, keluarga besar Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku menggelar long march jalan sehat kerukunan umat beragama pada, Jumat (20/12).

Kegiatan jalan sehat kerukunan ini resmi dilepas oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Provinsi Maluku, Fesal Musaad di Lapangan Hatukau Desa Batumerah, Galunggung Ambon sebagai titik start dengan melibatkan sejumlah satker Kementerian Agama dari Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Ambon.

Setelah dilepas Kakanwil Kemenag Maluku, peserta jalan sehat kerukunan yang dipimpin mobil Voorijder Polda Maluku bersama kelompok Marcing Band MAN 1 Ambon selanjutnya berarakan dari Lapangan Hatukau Galunggung  melewati ruas jalan Jenderal Sudirman menuju Jembatan Merah Putih (JMP) Ambon untuk sampai pada titik finis di Kanwil Kemenag Provinsi Maluku.

Kakanwil Kemenag Maluku didampingi para pejabat Kanwil Kemenag Maluku, IAIN dan IAKN Ambon melapas balon menandai pelepasan peserta long march jalan kerukunan

Turut hadir dalam kegiatan jalan sehat kerukunan bertajuk “Umat Rukun Indonesia Maju” ini, para pejabat eselon III/IV Kanwil Kemenag Maluku, perwakilan Rektor bersama ASN dari IAIN dan IAKN Ambon, jajaran DWP bersama ASN di lingkungan Kanwil Kemenag Maluku beserta sejumlah tokoh-tokoh agama di Kota Ambon.

Link Banner

Dalam sambutan dan arahannya, Kakanwil menegaskan pentingnya membangun umat agar tetap rukun untuk menuju Indonesia Maju sebagaimana tema HAB Kemenag ke 74 tahun 2020. “Ayo kita pekikan long march kerukunan, kalau sampaikan kata umat semua jawab rukun, kalau saya sebut Indonesia semuanya jawab maju, kalau saya sebut Kemenag semuanya jawab hebat yes yes yes,” teriak Kakanwil disambut pekikan yel-yel long march dari peserta jalan sehat kerukunan HAB Kemenag ke 74 di Lapangan Hatukau Batu Merah, Galunggung, Ambon,

Baca Juga  Usai Dilantik Sebagai Korwil, "Caca Kerudung Biru" Langsung Tatap Muka Dengan Jajaran Partai NasDem Malut

Menurut Kakanwil, rangkaian acara dalam rangka HAB ke 74 kali ini dikemas dalam bentuk sederhana tetapi penuh makna sebagai bentuk rasa syukur tentang hadirnya institusi Kementerian Agama dan kiprahnya dalam pembangunan bangsa Indonesia tercinta.

“Pagi ini kita berlong march jalan sehat kerukunan yang menjadi momentum dimulainya HAB ke 74 tahun 2020 sesuai tema “Umat Rukun Indonesia Maju,” terangnya.

Dijelaskan, kegiatan long march jalan sehat kerukunan ini telah memberikan spirit bahwa aparatur Kemenag haruslah sehat untuk terus menebarkan kedamaian, kerukunan serta toleransi  kepada siapapun, dimanapun dan kapanpun.

Aparatur Kemenag selain sehat dan bugar, harus memiliki jiwa yang kuat untuk bekerja walaupun diterpa fitnah dan cacian. “Saya perlu memberikan pesan sekaligus pepatah kepada kita semua, kita perlu ingat bahwa jangan kita terbang karena dipuja dan jangan juga kita jatuh karena dicercah,” tandas Kakanwil.

Baca Juga  7 Lagu Dangdut Bertema Minuman Keras yang Pernah Hits

Sebeleumnya, Ketua panitia, La Fatah dalam laporannya menerangkan, kegiatan  ini didasarkan pada juknis dan keputusan Kakanwil Kemenag Maluku Nomor 416 Tahun 2019 tentang penetapatan Panitia HAB Kemenag ke 74.

Tujujuannya dilaksanakan kegiatan long march jalan sehat kerukunan ini adalah terciptanya hubungan silaturahim dan keharmonisan serta lebih mempererat persatuan antar sesama ASN Kemenag Provinsi Maluku.

Lebih lanjut La Fatah menguaraikan, keseramakan Hari Amal Bhakti Kemenag ke 74 tahun 2020 yang dilaksanakan oleh segenar keluarga besar Kemenag Provinsi Maluku diantaranya adalah, kegiatan bakti sosial di sejumlah rumah ibadah, masjid, gereja, pura dan vihara yang dilakukan ASN dan DWP Kanwil Kemenag Maluku, dirangkai juga dengan gerak jalan santai kerukunan, dorprise, tarik tambang, tenis meja dan jenis kegiatan olahraga lainnya.

Baca Juga  Ramalan Cuaca Ambon hari ini, Ahad 16 Agustus 2020

Selanjutnya, ziarah dan upacara tabur bunga akan dilaksanakan pada tanggal 2 Desember 2020 di taman makam pahlawan kapahaha Ambon dan upacara peringatan HAB pada 3 Januari 2020 yang bakal digelar di Lapangan Polda Tantui Ambon. (red/shinta/inmas)