Kepulauan Widi Akan Dilelang Situs Asing, Pemkab Halsel Kaget

oleh -1,216 views

Porostimur.com, Labuha – Beredarnya informasi tentang akan dilelangnya Gugusan pulau di Indonesia yang disebut sebagai Kepulauan Widi oleh situs lelang asing Sotheby’s Concierge Auctions yang berbasis di New York, Amerika Serikat, sebagaimana diberitakan media ini sebelumnya, sontak membuat pemerintah Halmahera Selatan, Maluku Utara kaget.

Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Saiful Turuy mengaku Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan sama sekali tidak mengetahui adanya pelalangan gugusan pulau tersebut.

“Pemda belum tahu masalah ini, makanya kita akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi dan Kemendagri,” ujarnya kepada jurnalis porostimur.com, Rabu (23/11/2022),

Saiful mengatakan, pihaknya akan segera bersurat kepada pemilik izin pengelola Kepulauan Widi agar segera bertemu dengan Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik dalam waktu dekat.

“Kita segera panggil pengelola untuk menjelaskan kebenaran informasi tersebut, karena pak bupati tidak terima Kepulauan Widi dilelang ke pihak manapun,” kata dia.

Saiful Turuy menambahkan, kerana izin pengelolaan Kepulauan Widi dikeluarkan oleh Dinas PTSP Provinsi Maluku Utara, maka Pemerintah Halmahera Selatan meminta agar Pemerintah Provinsi Maluku Utara segera mencabut izin pengelolaan kepulauan Widi yang dikelola oleh PT Leadership Islands Indonesia (LII) jika terjadi pelanggaran hukum.

“Karena yang keluarkan izin Pemprov Malut, maka kita minta segera dicabut kalau terbukti melanggar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada 2015 silam, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, dan PT LII menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan sektor pariwisata di Kepulauan Widi.

Dalam nota kesepahaman, PT LII diberikan hak mengelola Kepulauan Widi selama 35 tahun, setelah itu akan ditinjau kembali. Widi akan dijadikan sebagai pusat ekoturisme dan bahari.

Sebagai gantinya, PT LII mempunyai tanggung jawab sosial alias corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat lokal, khususnya di bidang pendidikan dan ekonomi dalam rangka menyejahterakan masyarakat setempat. (Adhy)

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.