Viral Uang Rupiah Pecahan 1.0, Bank Indonesia: Hoax

oleh -24 views

Porostimur.com, Jakarta – Bank Indonesia (BI) membantah adanya pecahan uang rupiah baru dengan nominal 1.0 yang beredar videonya di media sosial Instagram.

Dalam video yang diunggah akun Instagram @palaka_blitar, menampilkan uang kertas berwarna dominan hijau dan kuning dengan nominal 1.0.

Pada bagian depan uang itu terdapat gambar peta Indonesia dan kapal laut sedangkan bagian belakangnya terdapat gambar wanita penari tradisional Indonesia.

“Uang baru 1.0? Bank Indonesia resmi mengeluarkan uang baru,” kata narasi video tersebut.

Menanggapi hal itu, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, informasi yang disampaikan video tersebut tidak benar.

Baca Juga  JCH Asal Kepulauan Sula dan Halmahera Utara Tiba di Asrama Haji Transit Ternate

Bahkan kata dia, kabar palsu mengenai redenominasi uang rupiah 1.0 itu sudah sering beredar dan dibantah oleh BI.

“Itu video hoax. Unggahan serupa sudah beberapa kali muncul dan kali ini dihangatkan kembali khususnya lewat WA Group,” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (31/3/2024).

BI memastikan visual uang yang ditampilkan dalam video tersebut dapat dipastikan bukan uang rupiah resmi yang diedarkan oleh BI.

Sementara mengenai redenominasi, implementasinya masih perlu melihat momentum yang tepat dan belum akan dilakukan dalam waktu dekat.