Wakil Bupati Kepsul Jadi Pemimpin Upacara HUT Pramuka Ke 60

oleh -90 views
Link Banner

Porostimur.com | Sanana: Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara, Ir.Hi.Saleh Marasabessy memimpin upacara HUT Pramuka Ke-60 di Lapangan Sepakbola, Desa Umaloya, Sabtu (14/8/2021)

Upacara HUT Pramuka tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati, Ir.Hi.M.Saleh Marasabessy, Sekertaris Daerah, Muhlis Soamole, Asisten I Ahmad Silawani, Kadis Pendidikan, Rifai Haitami, Kabag Umum, Sehat Umagap, Kapolres, AKBP Irvan, Perwira seksi teritorial (Pasiter) Kodim 1510 Sanana Kapten CHB, Harbun Buamona serta Ketua dan Pengurus Kwarcab Pramuka Kepsul.

Sambutan Ketua kwartir Nasional,Komjen (Purn) Budi Waseso yang dibacakan wakil Bupati Kepsul,menyampaikan HUT Pramuka Ke-60 yang jatuh pada tanggal (14/8) disambut dengan suka cita oleh anggota Pramuka, karena gerakan kepramukaan kita genap berusia 60 tahun. 60 tahun lalu kita tidak lagi terpecah belah oleh karena gerakan Pramuka, sehingga memperingati HUT Pramuka ke 60 bagian dari waujud rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat dan berkah menyatukan dalam wadah gerakan Pramuka.

Baca Juga  Halsel Tuntaskan Pleno 13 Kecamatan, Usman-Bassam Sementara Unggul

Dari sejarah gerakan Pramuka masuk di Indonesia pada tahun 1912, pada saat itu Indonesia masih dalam jajahan bangsa lain. Namun semangat kemerdekaan membuat gerakan Pramuka yang pada masa itu disebut pandu ikut perperan mewujudkan Indonesia merdeka.

Setelah Indonesia merdeka masih terdapat banyak organisasi Pramuka, hal itu menyebabkan Presiden Soekarno dibantu pandu agung Sultan Hamengku Buwono IX dan sejumlah tokoh lain menyatakan wadah gerakan Pramuka.

Melalui Surat Keputusan Presiden, Nomor: 238 tahun 1961 menetapkan pendidikan gerakan Pramuka merupakan satu-satunya wadah gerakan kepramukaan di Indonesia.

Walaupun kita gembira dapat melaksanakan upacara memperingati 60 tahun gerakan Pramuka, akan tetapi kita semua harus disiplin menahan diri, prihatin dan berusaha membantu menanggulangi pandemi tersebut.

Baca Juga  Polisi: John Kei dan Nus Kei Ribut karena Urusan Jual Tanah

Itu sebabnya memperingati 60 tahun gerakan Pramuka dengan tema ” Pramuka Berbakti Tanpa Henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian Nasional”. Sementara slogan yang merupakan inti tema tersebut adalah” Pramuka Berbakti Tanpa Henti”. (ifo)

No More Posts Available.

No more pages to load.