Wakil Ketua DPRD Maluku Minta Dikbud Cepat Umumkan Hasil Uji Kompetensi Kepsek

oleh -57 views
Link Banner

Porostimur.com – Ambon: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Provinsi Maluku sampai saat ini belum mengumumkan hasil uji kompetensi untuk menentukan kepala sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Maluku

Wakil ketua DPRD Provinsi Maluku, Azis Sangkala menjelaskan, program melakukan seleksi pada calon kepsek untuk memastikan kompetensi mereka yang terbaik ini didorong oleh dewan.

“Dalam banyak hal selalu menginginkan agar Kepsek-kepsek itu dilakukan uji kepatutan untuk bisa mendapatkan Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS),” ungkap Sangkala kepada awak media di Baileo Rakyat-Karpan, Senin (22/11/2021).

Sangkala bilang, ini bisa memberikan suatu kesempatan kepada semua putra-putri terbaik yang ada di Maluku ini untuk yang sudah layak punya kompetensi menduduki jabatan kepsek.

“Kita tahu bersama bahwa dinas sudah lakukan itu, namun sampai sekarang ini belum juga diumumkan hasil kelulusan,” ujarnya.

Baca Juga  Bahas Masalah Penanggulangan Korban Bencana Gempa, DPRD Provinsi Maluku Gelar Rapat dengan DPRD Malteng

Sangkala juga berharap, agar proses yang dilakukan oleh dinas itu betul-betul transparansi, dan tetap berpegang pada prinsip-prinsip profesionalitas dan juga memastikan bahwa orang yang terbaiklah yang diangkat untuk menduduki jabatan kepsek.

“Semoga keterlambatan pengumuman ini tidak karena ada intervensi ataupun ada titipan-titipan dari pihak manapun untuk jabatan kepsek bagi sekolah manapun,” harapannya.

Dirinya menegaskan, agar Kadis tetap memegang prinsip profesional itu, kemudian transparansi dan juga memastikan bahwa orang yang terbaik yang punya integritas tinggi yang di tempatkan.

“Dinas harus cepat proses ini, karena semakin lama PLT sangat menghambat kerja-kerja di sekolah. Ada banyak hal yang akan dilakukan oleh kepsek definitif. Sebentar lagi juga mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi ujian nanti dengan baik supaya lebih fokus,” terangnya.

Baca Juga  Kota Ambon Kembali Ke Zona Orange, DPRD Maluku Meminta Pemkot Lebih Ketat Lagi

Sangkala menambahkan, manajemen di internal sekolah bisa ditata dengan baik, agar semua pihak bisa bergerak dan fokus peningkatan mutu pendidikan di Maluku.

“Kita tahu bersama bahwa mutu kita masih rendah dan kita harus mengejar ketertinggalan yang ada. Faktor kepsek sangat menentukan untuk bisah memastikan bahwa kurikulum bisa berjalan dengan baik,” ujar Sangkala.

Sangkala menegaskan, para guru bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab mereka, mengajar dengan baik, juga meningkatkan kapasitas mereka. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.