Ada Fenomena Super New Moon BMKG Minta Warga Maluku Utara Waspadai Banjir Rob

oleh -8 views
Fenomen Super New Moon (Foto/Ist)

Porostimur.com, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob atau pesisir di sejumlah wilayah pesisir di Maluku Utara hingga 16 Maret 2024.  

Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo mengatakan banjir rob diperkirakan akan terjadi di pesisir Loloda, pesisir Morotai, dan pesisir Maba (10 – 13 Maret 2024), akibat adanya fenomena Super New Moon atau fase Bulan Baru yang bersamaan dengan Perigee atau jarak terdekat bulan ke bumi.

“Fenomena Super New Moon yang bersamaan dengan Perigee pada tanggal 10 Maret 2024 berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” ujar Eko dalam keterangannya, Kamis (7/3/2024).

Baca Juga  Gunung Ibu Erupsi Selasa Pagi, Tinggi Kolom Abu Sekitar 2.000 Meter di Atas Puncak

Eko mengatakan, berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir rob berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir di Maluku Utara.

Link Banner

Selain itu, banjir rob atau pesisir juga berpotensi terjadi di pesisir Sumatera Utara, Pesisir Kep. Riau, Pesisir Banten, Pesisir Jawa Tengah, Pesisir Jawa Timur, Pesisir Kalimantan Barat, Pesisir Sulawesi Utara,

Eko mengatakan potensi banjir rob ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

No More Posts Available.

No more pages to load.