Bea Cukai Dorong Ekspor Rempah-Rempah Malut

oleh -33 views
Link Banner

@porostimir.com |Ternate: Kantor Pelayanan Bea dan Cukai Ternate terus mendorong eksportir dari sektor perkebunan dan kehutanan di Provinsi Maluku Utara (Malut) untuk menggunakan fasilitas dokumen ekspor melalui kantor Bea dan Cukai Ternate.

Kepada. wartawan, Eko Budiyanto, Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai dan Dukungan Teknis,Kantor Bea Cukai Ternate, Rabu (26/06) mengatakan, upaya itu merupakan inisiasi Bea Cukai bersama Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Malut, dan Pemerintah Provinsi Malut dalam rangka meningkatkan ekspor di dua sektor tersebut.

Menurit Eko, ekspor sektor perkebunan/pertanian yang telah siap saat ini yaitu komoditi fuli, kopra, cengkeh, dan rumput laut, kemudian kayu olahan dari sektor kehutanan.

“Kami sedang berusaha meningkatkan ekspor dengan melakukan inisiasi bersama Bank Indonesia dan pemprov dalam penandatanganan nota kesepahaman, melakukan FGD dan sosialisasi serta pendekatan kepada calon eksportir di Maluku Utara guna mendukung kegiatan eskpor di Malut”, ujar Eko.

Link Banner

Sementara ekspor yang dominan di Malut lanjut dia, masih dominan dari sektor pertambangan dan perikanan.

Baca Juga  Patriarki terkikis, kesetaraan gender dan perlindungan anak digalakkan

Eko Budiyanto, berharap kepada pemerintah Kota Ternate dan Pemprov Malut serta steakholder terkait agar lebih mendukung lagi kegiatan ekspor di Malut. (red)