BMKG: Banjir Rob Berpotensi di Pesisir Kepulauan Tanimbar dan Kapulauan Aru

oleh -16 views
Banjir rob yang dipicu oleh gelombang pasang menerjang sejumlah desa di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, Selasa (7/12/2021)(KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)

Porostimur.com, Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya fenomena fase bulan purnama pada tanggal 25 Maret 2024 yang berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo mengatakan berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir atau banjir rob berpotensi terjadi di pesisir Maluku, yakni pesisir Kepulauan Tanimbar dan pesisir Kepulauan Aru, 24-31 Maret 2024.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG,” kata Eko melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (21/3/2024).

Eko Prasetyo menjelaskan, potensi banjir pesisir ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat. (red)

Baca Juga  Para Saksi Jelaskan Selisih Suara di Negeri Sawai Maluku Tengah

Simak berita dan artikel porostimur.com lainnya di Google News

No More Posts Available.

No more pages to load.