Bobol sekolah, 6 pelaku diamankan Polisi

oleh -44 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Akhirnya sindikat pencurian dengan sasaran sekolah dalam wilayah hukum Polres Pula Ambon dan Pulau-pulau Lease mulai terbongkar dan terungkap.

Beberapa pelaku pencurian ini berhasil diamankan berturut-turut Sabtu (15/6) hingga Senin (17/6).

Saat berhasil dikonfirmasi wartawan, hal ini dibenarkan Wakil Kepala Kepolisian Resort (Wakapolres) P.Ambon dan Pp. Lease, Kompol Ferry Mulyana.

Menurutnya, sebanyak 6 pelaku berhasil diamankan personil Buser Sat.Reskrim Polres P.Ambon dan Pp.Lease yang beroperasi pada 15 lokasi sekolah (TKP) berbeda.

Link Banner

Keenam tersangka ini tertangkap pada lokasi dan tanggal berbeda yakni MJP (33) yang diringkus Sabtu (15/6), YZA (22) dan IT (21) yang diringkus Minggu (16/6) serta MYT (25), BN (25) dan FL (19) yang diringkus Senin (17/6).

Baca Juga  Lansia Usia 70 Reaktif Rapid Test. PDP Kabupaten Buru Bertambah Lagi 1 orang

”Para tersangka ini melakukan aksi pencurian dengan sasaran sekolah sekolah dengan cara mencungkil pintu atau jendela menggunakan obeng atau palu kemudian mengambil barang barang berharga dari dalam sekolah berupa laptop, infocus, layar monitor, uang tunai dan celengan,” ujarnya.

Sebelumnya, akunya, MJP (33), sudah dilimpahkan oleh Polsek Salahutu kepada pihaknya dalam kasus pencurian TV pada TKP lainnya.

Setelah mendalami informasi yang sudah dikantongi, jelasnya, pihaknya kemudian mulai melakukan penangkapan secara estafet dimulai dari tersangka YZA dan IT.

”Dari tangan tersangka YZA diamankan 2 unit layar monitor warna hitam merk Samsung dan warna putih merk HP. Menurut keterangan YZA, kedua layar monitor tersebut merupakan hasil curian di Sekolah LKMD Laha, dimana tersangka YZA melakukan aksinya bersama tersangka MJP yang sudah diamankan juga pada kasus pencurian TV di TKP lain limpahan Polsek Salahutu,” jelasnya.

Baca Juga  Kapolda sosialisasi MRS Festival di SMA Xaverius Ambon

Mengembangkan hasil interogasi tadi, jelasnya, personil Buser kembali berhasil mengamankan Tersangka MYK dan BN di Dusun Mamokeng Desa Tulehu Kec. Salahutu, pada hari Senin (17/6), sekitar pukul 03.30 Wit.

Selain itu, terangnya, pada hari yang sama pihaknya juga berhasil mengamankan tersangka FL di Negeri Laha Kecamatan Teluk Ambon, sekitar pukul 19.30 Wit.

Sesuai keterangan tersangka, terangnya, pada TKP SMAN 3 Salahutu Tulehu materi yang dicuri berupa 7 buah Infocus, dengan tersangkanya YZA dan IT, sementara tersangka LA dan FI masih buron.

Untuk TKP Sekolah LKMD Laha, tambahnya, materi yang hilang berupa 2 buah Infocus, 1 buah laptop warna merah, 1 buah Hp Samsung Vi dan 3 buah layar monitor.

Baca Juga  Bawa Anak ke Kantor dan Jemput Anak Saat Jam Kerja, PNS akan Disanksi

”Adapun sekolah-sekolah yang melapor telah terjadinya kasus pencurian ini antara lain SMA Negeri 3 Salahutu Tulehu, SMP Negeri 7 Poka, SMA Negeri 6 Leihitu dan Sekolah LKMD Desa Laha,” pungkasnya. (andi)