BPBD Kepuluan Sula Fokus Tangani Kondisi Pasca Banjir Di Tiga Desa

oleh -43 views
Link Banner

@Porostimur.com | Sula : Menyusul banjir bandang yang menerjang sejumlah desa di Kecamatan Mangoli Tengah, pada hari Minggu, (9/6) dini hari lalu, Badan Penanggulanhan Bancana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sula telah melakukan upaya penanggulangan di sejumlah titik.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Kepulauan Sula, Abdul Haris Tukuboya kepada @porostimur.com melalui pesan elektronik mengatakan, pihaknya sejak tanggal 12 Juni lalu telah melakukan upaya normalisasi Kali Wai Gata di Desa Capalulu dan Kali Wai Nin di Desa Orifola. Sedangkan di Desa Mangoli dilakukan pembersihan saluran air dan selokan yang tersumbat akibat banjir.

Menurut Tukoboya, pihaknya saat ini telah menurunkan yang tengah melakukan penanganan di lapangan dengan menggunakan tiga buah alat berat.

Baca Juga  Indo Barometer: Di Ambon Paling Sulit Cari Kerja

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Kepulauan Sula, Irfan Pora kepada @porostimur.com melalui saluran telepon mengatakan, Pemerintah Kabupaten telah menetapkan masa tanggap darurat sejak tanggal 9 Juni lalu hingga tanggal16 Juni mendatang.

Irfan mengatakan, saat ini pihaknya fokus pada tiga desa, yakni Desa Capalulu, Orifola dan Mangoli. Sedangkan Desa Waitina dan longsor di KM 10 dan 13 ruas jalan waitinagoi-Wailoba akan dikerjakan dalam dua atau tiga hari ke depan.

“Untuk saat ini, kira fokus di tiga desa. Sementara di Desa Waitina dan di ruas jalan Waitonagoi-Wailoba kita tangani dalam dua atau tiga hari ke depan, karena kita baru dapat laporan hari ini”, papar Irfan.

Baca Juga  Peringatan Dini BMKG: Waspadasi Gelombang Tinggi Capai 2,5 Meter di Maluku-Malut. Berlaku 7-10 Juli 2019

Lebih jauh Irfan Pora mengatakan, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat terkait penanganan lebih lanjut. (raka)