Buka Muscab Peradi, ini Pesan Wakil Walikota Ambon

oleh -6 views

Porostimur.com, Ambon – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Cabang Ambon menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Il yang diselenggarakan Swiss Bell-hotel.

“Dalam perkembangan saat ini advokat tidak sebatas pada praktek di pengadilan saja, tapi mencangkup pemberian jasa hukum lainnya seperti konsultasi dan penyelesaian sengketa di luar pengadilan. Termasuk memberdayakan masyarakat dalam menyadari hak-hak fudamental mereka dihadapan hukum,” ungkap Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler, dalam sambutannya di Swiss Bell-hotel, Rabu (15/12/2021).

Hadler bilang, seperti kita ketahui bersama dalam ranah hukum Indonesia, terdapat empat pilar yang menjadi penyangga utama dalam penegakan hukum yang berkeadilan.

“Empat pilar itu terdiri dari, penyidik, penuntut, hakim dan advokat. Keempat pilar ini, memiliki kedudukan yang sama dan tidak ada satu yang lebih tinggi dari yang lainnya, jika satu pilar patah maka dapat dipastikan hukum tidak akan ditegakan dengan baik,” terangnya.

Hadler menambahkan, dengan terselenggaranya suatu peradilan yang jujur, adil, dan memiliki kepastian hukum maka diperlukan peran profesi advokat yang bebas yang bebas, mandiri, dan
bertanggungjawab.

“Kemandirian advokat bertujuan untuk
mendukung penyelenggaraan sistem peradilan
yang bebas dari intervensi kekuasaan maupun
politik dalam penegakan hukum dan dengan
kemandirian itu pula maka profesi advokat
dikatakan sebagai profesi yang sangat
mulia,” jelasnya.

Disaat yang sama Wakil Sekjen Dewan Pengacara Nasional (DPN) Peradi, Liston Sibarani dalam sambutannya berharap agar pelaksanaan muscab bisa berjalan dengan baik. la mengaku siapapun yang nantinya terpilih menjadi Ketua DPC Peradi Kota Ambon merupakan figur yang terbaik.

“Saya berharap muscab ini bisa berjalan dengan
tertib dan lancar. Siapapun yang terpilih menurut
saya itu adalah yang terbaik dan juga anggota
yang ada disini. Jadi siapapun yang terpilih kan
dari DPN akan mendukung kinerja mereka”, tandasnya. (nicolas)

No More Posts Available.

No more pages to load.