Bupati Halsel Paparkan Pencapaian 100 Hari Kerja di Hadapan DPRD

oleh -196 views
Link Banner

Porostimur.com | Labuha: Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) sukses menyampaikan program 100 hari kerja menuju Labuha Smart City.

Pencapaian 100 hari kerja di masa pemerintahan Bupati Usman Sidik dan Wakil Bupati Hasan Ali Bassam Kasuba terdapat pada empat program yang berhasil dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Halsel, yakni, penanganan dan pengendalian Covid-19, pemulihan ekonomi, penataan birokrasi, dan penyusunan dokumen rangcangan awal pembangunan kawasan perkotaan Labuha sebagai Smart City.

Hal itu disampaikan langsung Bupati Usman Sidik saat rapat paripurna Penyempaian Hasil Program 100 Hari Kerja Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Selatan yang berlangsung diruang paripurna DPRD Halsel, Senin (6/9/2021).

Dalam penyampaian tersebut, program pertamanya penanganan dan pengandalian Covid-19 dilaksanakan melalui pendekatan Tracking, Testing, Treatmen dan evakuasi.

“Sesuai instruksi Mendagri No 37 Tahun 2021 tanggal 23 Agustus 2021 ditetapkan turun menjadi PPKM level 2 dan telah melewati target dengan cukupan vaksinasi sebanyak 31.343 sasaran atau keberhasilan capaian sebesar 110,67%”, ujarnya.

Baca Juga  Sekuel Tomorrow War Resmi Dibuat!

Usman menjelaskan, program kedua pemulihan ekonomi dengan jalan merevitalisasi sistem kemandirian ekonomi, yang bertumbuh pada pengembangan potensi lokal.

“Pencanangan 11 unit pengolahan kopra putih dengan sasaran 5 kecematan, pengolahan bantuan mesin pengolahan sagu, panen raya sawa, panen raya bawang merah, pemberdayaan masyarakat dalam penganekaragaman komsumsi pangan berbasis sumber lokal, pengandaan benih dan pakan ikan air tawar, penatapan kawasan Industri perikanan seluas 200 Ha dalam rangka mendukung program pemerintah pusat menjadikan Halmahera Selatan sebagai lumbung ikan nasional, pelatihan dan pemberian alat produksi kepada 84 UMKM, penyusunan RSKP (Rencana satuan Kawasan Pengmbangan) Transmigrasi Gane Timur, Pelatihan tenaga trampil, pemeberian bantuan sembako terdampak COVID-19, pemberian bantuan kobe, pembangunan jalan lingkaran Pulau Obi dan aliran Listrik PLN 24 jam”, tandasnya

Selain itu pada program ke tiga Penataan birokrasi sebagai upaya peningkatan kualitas sistem pelayanan pemerintahan dengan tetap memperhatikan prinsip reformasi dan tatakelolah pemerintahan yang baik serta majemen barbasis kinerja.

Baca Juga  Kamis Besok Tiga Puluh Camat dan 249 Kepala Desa Bertatap Muka Dengan Pemda Halsel

Penertiban Perbup No 26 tahun 2021 tentang pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada camat. Perbup No 30 tahun 2021 tentang kedudukan, tata hubungan kerja serta tugas pokok dan fungsi staf ahli, penegakan disiplin ASN-PTT dan aparatur desa, audit keuangan pada seluruh OPD dan desa, Indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada dinas PM PTSP (89) dan Disdukcapil, penyampaian ranperda renovasi OPD baru, pelantikan pejabat tinggi pratama dan Pj Sekda dan penyusunan dokumen RPJMD sebagai payung perencanaan pembangunan di daerah progres 80%.

Lebih lanjut pada program ke – empat Penyusunan dokumen rangcangan awal pembangunan kawasan Perkotaan Labuha sebagai Smart City.

Perencangan Papaloang Park, perencanaan master plan, perencanaan tugu zero point, master plan desa wisata kali Inggoi, perencanaan penetapan kawasan kota tua sebagai kawasan strategi wisata budaya.

Penyusunan dokumen Ranperda rencana pencegahan dan peningkatan kualitas perumahan kumuh dan pemukiman kumuh atau RP2-KP-KPK, pelatihan dan sertifikasi jasa konstruksi dan Dashboard E-Smart Labuha Smart City dalam rangka E-Gov.

Baca Juga  Lakukan Sidak di Dispendikbud, Bupati Halsel: Segera Kembalikan Aset yang Dibawa Mantan Pejabat

“E-Smart ini merupakan pintu dari informasi dan teknologi E-Gov untuk Smart City, aplikasi ini memberikan layanan mudah, murah dan cepat dalam memberikan informasi publik”, paparnya.

Pada kesempatan itu Bupati dan Wakil Bupati Halsel menyampaikan akan berterima kasih kepada masyarakat serta memberikan apresiasi atas pencapaian dalam mensukseskan 100 hari kerja dan menuju labuha sebagai Smart City.

“Kami ingin memberikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh komponen baik kepada masyarakat, pimpinan OPD, ASN-PTT dan pemangku kepentingan lainnya yang telah memberikan curahan pikiran, waktu dan tenaganya sehingga target capaian 100 kerja ini dapat terwujud”, tukas Usman.

“Keberhasilan target capaian 100 kerja patut diapresiasi sebagai pemicu semangat dalam mengarungi tanggungjawab dan amanah rakyat dalam memimpin kabupaten tercintah Halmahera Selatan,” pungkasnya. (adhy)

No More Posts Available.

No more pages to load.