Dorna Sports Umumkan MotoGP Jerman, Belanda, dan Finlandia Resmi Dibatalkan

oleh -99 views
Link Banner

Porostimur.com | Italia: Dorna Sports, mengumumkan kabar buruk yang memastikan seri Jerman, Belanda, dan Finlandia resmi dibatalkan. Pembatalan tiga seri MotoGP 2020 itu dikarenakan imbas dari wabah virus corona.

Pihak Federasi Motor Internasional (FIM), Asosiasi Tim Balap Motor Internasional (IRTA), dan Dorna Sports mengaku sedih harus mengambil keputusan tersebut. Namun menurut pemaparan CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, semua itu harus mereka lakukan karena memang situasi tak memungkinkan untuk menjalankan ketiga balapan tersebut di musim ini.

“Dengan rasa sedih kami umumkan pembatalan tiga balapan terpenting di MotoGP kalender musim ini. GP Jerman yang memiliki lintasan yang unik dan sejarah yang luar biasa. Lalu Sirkuit KymiRing yang kembali menjadi tuan rumah sejak 1982, dan Sirkuti Assen yang awalnya tak pernah absen menjadi tuan rumah MotoGP semenjak 1949,” terang Ezpeleta, dikutip dari laman resmi MotoGP, Kamis (30/4/2020).

Baca Juga  Diangkat Jadi Mendagri, Jokowi Dianggap Selamatkan Tito dari Kasus Novel Baswedan

Seri Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring pun sebenarnya bakal berlangsung pada 19-21 Juni 2020. Lalu seri Belanda yang dihelat di Sirkuit Assen awalnya dijadwalkan dimulai pada 26-28 Juni 2020 dan Finlandia yang harusnya melakoni comeback sebagai tuan rumah MotoGP berlangsung pada 10-12 Juli 2020.

Ketiga seri itu langsung dipilih untuk dibatalkan ketimbang ditunda selayaknya seri Thailand, Argentina, dan Amerika Serikat yang sudah ditentukan jadwalnya. Banyak yang memprediksi langsung dibatalkannya seri Jerman, Belanda, dan Finladia karena masih ada empat balapan yang sudah ditunda namun belum ditentukan jadwal barunya.

Empat balapan yang sudah pasti ditunda dan belum memiliki jadwal baru itu adalah MotoGP Spanyol, Prancis, Italia, dan Catalunya. Dengan adanya keempat seri yang belum pasti memiliki jadwal baru itu, maka tampaknya akan sangat sulit jika Jerman, Belanda, dan Finlandia juga ditunda.

Baca Juga  Pemda Kepulauan Sula Siapkan 4 Dokter Ikuti Pelatihan Vaksinasi Covid-19

Kini total MotoGP 2020 tinggal menyisakan 16 balapan lagi dari 20 seri yang awalnya ditentukan. Empat sudah resmi dibatalkan, yakni MotoGP Qatar, Jerman, Belanda, dan Finlandia.

Untuk 16 balapan yang masih tersisa, 12 seri sudah ada jadwal balapan dan empat masih belum menemukan jadwal yang baru. Dengan banyak perubahan tersebut, maka MotoGP Republik Ceko 2020 yang berlangsung pada 9 Agustus 2020 akan menjadi seri pertama di musim ini. (red/rtm/