Ganti kepemimpinan, PD Panca Karya harus berdaya saing

oleh -37 views
Link Banner

@Porostimur.com | Ambon : Dengan adanya pergantian Ketua Dewan Pengawas, Direktur Utama dan Direktur Operasional/Pemasaran, Perusahaan Daerah (PD) Panca Karya, diharapkan lebih memiliki daya saing, khususnya dalam mengimbangi pasar regional dan internasional seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Hal ini ditegaskan Staf Ahli Gubernur Maluku Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Halim Daties, saat menghadiri sertijab kepemimpinan PD PAnca Karya, di Lantai VI Kantor Gubernur Maluku, Jumat (21/9).

Pasar bebas ASEAN atau MEA, akunya, memberikan dampak persaingan ekonomi yang semakin ketat dengan terbukanya akses perekonomian dalam komunitas internasional.

Pasalnya, selain menjadi peluang untuk mengembangkan ekonomi daerah, tapi juga merupakan tantangan yang harus diantisipasi oleh semua pihak.

Link Banner

Untuk itu, jelasnya, perusahaan daerah harus meningkatkan kualitas produknya, sehingga tidak hanya menjadi pasar dari produk negara asing, namun juga dapat mengekspor produk berkualitas ke negara Asia lainnya.

Baca Juga  Portugal Lebih Baik Tanpa Ronaldo? Ini 2 Gol Sebagai Jawaban

”Oleh karena itu, dengan kepemimpinan yang profesional dalam bidang kewirausahaan serta kinerja yang berintelektual tinggi, beretos kerja, kreatif serta dinamika yang tinggi yang dapat menguasai seluk beluk permasalahan yang ada di perusahaan yang dipimpinnya, Panca Karya dapat mengambil peran dan bersaing dengan perusahaan lainnya di daerah ini, sehingga dapat mengambil bagian dalam konteks pembangunan perekonomian daerah Maluku dan memberikan kontribusi positif dalam membangun dan menumbuhkan daya saing ekonomi yang kuat dalam menghadapi pasar bebas MEA,” ujarnya.

Pergantian tugas dan jabatan ini, jelasnya, merupakan respon dari panggilan tugas, sebagai wujud pengabdian pada masyarakat dan daerah.

Menurutnya, alih tugas dimaksudkan hanya sebagai penyegaran, sehingga tugas dan pelayanan dalam PD Panca Karya bisa berlangsung lebih efektif dan efisien.

Baca Juga  Sah mendapatkan PPP, Pasangan Yamin Tawari dan Abdullah Taher tingal menunggu rekomendasi B1KWK dari Demokrat.

Karakter kepemimpinan yang tangguh dan tahan uji, tegasny, merupakan acuan dan sebuah kriteria utama yang penting.

Sehingga, perusahaan yang dipimpinnya mampu berjalan sesuai koridor, fungsional dan memiliki akuntabilitas yang handal.

Dalam melaksanakan efektivitas dan efisiensi tugas-tugasnya, tambahnya, PD Panca Karya diharapkan mampu berjalan sesuai dengan tata kelola perusahaan yang baik dan akuntabel.

”Dalam dimensi ini, maka penyelenggaraan tugas pengabdian, harus ditopang oleh karakter kepimpinan yang efektif, handal dan berdaya saing serta melayani terutama dalam hal mengelola PD Panca Karya,” pungkasnya. (vanessya)