Hanubun Lepas 70 Peserta Karnaval Budaya Nen Dit Sak Mas

oleh -59 views

Porostimur.com, Langgur – Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun melepas 70 peserta karnaval budaya yang terdiri dari siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) se-Kabupaten Malra yang berlangsung di pelataran Kantor Camat Kei Kecil pada Jumat (2/9/2022).

Dari hasil pantauan media ini, turut hadir sekaligus menyaksikan karnaval budaya Nen Dit Sak Mas di antaranya Forkopimda, para Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, SKPD lingkup Pemda Malra, serta seluruh stakeholder lainnya.

Karnaval budaya ini, rencannya akan berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama melibatkan siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan siswa-siswi SMP. Sedangkan pada tanggal 3 besok, akan melibatkan siswa-siswi SMA dan masyarakat.

Baca Juga  Wow! Dewi Perssik Tampil Seksi dengan Busana Karya Desainer Ririn Rinura

Kegiatan Karnaval Budaya ini digelar dalam rangka memperingati hari jadi Nen Dit Sak Mas yang telah ditetapkan Pemda Malra pada setiap tanggal 7 September.

Nen Dit Sak Mas merupakan satu-satunya legenda raja perempuan di wilayah Kepulauan Kei, serta menghadirkan Hawear Balwirin (larangan dalam bentuk Sasi).

Sejak dahulu hingga sekarang, banyak masyarakat adat Kei menggunakan sasi atau hawear ini sebagai larangan segala bentuk tindakan atau kesewenang-wenangan terhadap hak orang lain.

No More Posts Available.

No more pages to load.