Hendrata Mau ke Wai Ina: Pemdes Potong Sapi, Pemuda Tolak

oleh -63 views
Link Banner

Porostimur.com| Sanana: Pemuda Desa Wai Ina Kecamatan Sulahesi Barat mengancam akan memggelar aksi pagi nanti, Senin (23/12/2019), menyusul rencana kunjungan bupati Kepulauan Sula Hendrata Thes yang menuai polemik di tengah masyarakat.

Pasalnya, seiring kedatangan bupati dan rombongan, dalam rangka penyerahan sertifakat tanah gratis kepada masyarakat Desa Wai Ina, disambut dengan acara makan-makan dimana pemerintah desa setempat menyembelih seekor sapi sebagai jamuan makan siang.

Para pemuda menilai sambutan dari pemerintah Desa Wai Ina kepada bupati dan rombongan itu, terlampau berlebihan ditengah ketertinggalan dan kemiskinan masyarakat.

Sekretaris Pemuda Desa Wai Ina, Surandi Banapon kepada porostimur.com mengatakan penyambutan yang dilakukan oleh Pemdes sangat berlebihan. Oleh sebab itu, para pemuda akan menggelar aksi unjuk rasa menolak kehadiran bupati ke desa mereka.

“Iya kami dari pemuda akan demo besok. Kami tidak butuh pencitraan pemerintah kabupaten, apalagi kehadiran bupati ini juga dipakai sebagai ajang cari muka oleh kepala desa,” ujar Banapon.

Baca Juga  Ketua Komisi IV DPRD Maluku Diduga Terkonfirmasi Positif Covid-19

Andi bilang beberapa kali hari Raya Qurban yaitu tahun 2016, 2017 dan 2018 Pemdes Wai Ina tidak pernah menyumbangkan hewan untuk dikurbankan. Namun dengan kehadiran bupati, kades membeli seekor sapi untuk dihidangkan kepada bupati dan rombongan.

“Jadi kades ini lebih takut kepada bupati daripada Tuhan. Bayangkan sudah tiga kali lebaran haji pemerintah desa tidak menyembelih hewan kurban, tapi begitu bupati mau datang, mereka langsung sembelih hewan”, pungkasnya. (ifo)